MENILIK PERSAMAAN-PERBEDAAN ANTARA Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo semakin populer usai hasil survei yang menunjukkan ia layak menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Ada beberapa persamaan yang jadi alasan Ganjar disebut mirip Jokowi, apa saja yang paling menonjol?

Gaya Kepemimpinan
Istilah blusukan, identik dengan Jokowi usai dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta pada 2012 silam. Jokowi lalu dikenal sebagai kepala daerah yang siap kerja turun langsung ke masyarakat.

Mirip dengan Jokowi, Ganjar pun demikian. Gubernur Jawa Tengah itu gemar melakukan blusukan ke masyarakat pedesaan.

“Persamaan keduanya sama-sama tidak segan untuk turun langsung kebawah atau masyarakat,” kata Pengamat Politik Heri Budianto kepada VOI, Selasa, 23 Februari.

Selain blusukan, gaya berbicara Jokowi dan Ganjar juga sama-sama menampilkan kedekatan dengan masyarakat.

“Itu yang dimiliki oleh Ganjar yang mirip dengan Jokowi. Tidak ada jarak, dalam artian tidak ada batas. Tipikal pemimpin yang mau mendekatkan diri kepada rakyat langsung, itu persamaannya,” jelas Heri.

Soal bahasa pun, Ganjar dan Jokowi sama-sama tidak menggunakan bahasa politis sehingga mudah dimengerti masyarakat. Pesan bahasa yang digunakan ketika berdialog dengan rakyat adalah bahasa rakyat.

“Jadi tidak menggunakan bahasa yang tinggi, bahasa yang politis, kan sulit rakyat mencerna, kebanyakan bahasa politisi kan begitu,” kata Heri.

Kesukaan.
Dalam perspektif diluar politik, uniknya Jokowi dan Ganjar juga punya kesukaan yang mirip, yakni sama-sama menyukai aliran musik keras.

Jokowi, sering kali mengungkap kesukaannya kepada musik rock dan metal. Guns N’ Roses, Metallica, Judas Priest, Lamb of God, dan Linkin Park adalah beberapa band yang disukainya.

Saat masih menjabat Wali Kota Surakarta, ia pernah menyaksikan konser Linkin Park di Stadion Utama GBK pada September 2011. Dan ketika menjabat Gubernur DKI, ia juga hadir dalam konser Metallica di tempat yang sama dua tahun kemudian.

Sementara itu, Ganjar menyukai musik rock sejak SMA. Pria kelahiran 28 Oktober 1968 ini sudah mengoleksi kaset dari band-band rock masyhur era 70-an semisal Led Zappelin, Deep Purple hingga Queen.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut memiliki kemiripan dengan Presiden Joko Widodo. Salah satunya adalah gemar blusukan, sehingga tak heran jika banyak yang menyebut Ganjar sebagai ‘The Next President’.

Ganjar rupanya pernah membantah gaya personalnya itu meniru Jokowi, meskipun ia mengakui bahwa dirinya sama-sama suka blusukan dan menyukai musik yang sama dengan presiden.

“Saya tidak meniru data-style Jokowi, namun kami memang ada kesamaan, sama-sama suka blusukan dan suka musik rock,” kata Ganjar Pranowo di Semarang, Senin, 21 Februari 2012.

Ganjar Tegas, Jokowi Hati-hati
Di balik kesamaan itu, ada perbedaan cukup signifikan antara keduanya yang terletak pada tipikal perilaku personal atau gaya politik. Jokowi dipandang lebih tenang, lebih cool, dan lebih berhati-hati bicara dibandingkan Ganjar.

“Ganjar ini kan meledak-ledak, dalam artian ketegasannya muncul disuatu kondisi. Contoh ketika sidak ditemukan ada kesalahan dilapangan, Ganjar tidak segan-segan untuk marah langsung di lokasi. Itu perbedaannya dengan Jokowi,” kata Heri.

Sikap tegas inilah, menurut pengamat politik, menjadi nilai tambah bagi Ganjar sebagai sosok yang tepat menggantikan Jokowi sebagai presiden.

“Bisa saja perbedaan Ganjar yang terkesan lebih tegas, dilihat masyarakat terutama pemilih Jokowi. Sehingga diperlukan untuk sosok pemimpin dimasa yang akan datang,” kata Heri.

Sama-sama berangkat dari Jawa Tengah, akankah Ganjar juga akan menempati Istana?

#Dari_Kota_mana_saja_pendukung_Ganjar
#Saya_pendukung_pak_Ganjar
#Presiden_penerus_Jokowi

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.