Menjelang HUT ke- 59 Adhyaksa, Masyarakat Mendesak Kajari Periksa Kepala Inspektorat Madina

Bangunan 2018 Desa Btg Gadis/Dokumen

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah masyarakat di wilayah Mandailing Natal, mendesak Kejaksaan Negeri untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Inspektorat Madina maupun Auditornya, karena disinyalir mendapat “ Bagian “ dari Kepala Desa (Kades) ketika dilakukan pemeriksaan tahunan.

            Alasannya, karena sampai sekarang ini, dari sekitar 374 Desa yang telah menerima Dana Desa mulai tahun 2015- 2018, tidak satu Kades/aparat desa pun di Mandailing Natal, yang dinyatakan ada menyalhgunakan anggaran Dana Desa (DD), artinya 100 % berjalan dengan mulus dan sukses.

            “ Sangat tidak masuk akal sehat kita semua Kepala Desa (Kades) diwilayah Mandailing Natal 100 % sukses mengelola DD, sebab banyak protes yang disampaikan baik ke Bupati, DPRD, Kejaksaan, Polres maupun hingga KPK di Jakarta, tentu tidak benar 100 % sukses,” ujar Sekretaris LIPAN Madina Amrul Hadi Pulungan, Rabu(17-7) di Komplek Kantor Bupati Madina Bukit Payaloting Panyabungan.

            Disampaikan Amrul Hadi, momen HUT ke-59 Adhyaksa yang jatuh 22 Juli 2019 mendatang adalah untuk menelusuri dengan baik terkait tata kelola Dana Desa (DD), sebab khususnya untuk Kecamatan Bukit Malintang banyak Kades yang telah dengan suka-suka nya mengelola DD, sehingga APBN sesuai dengan Nawacita Joko Widodo sudah lari dan harus di usut tuntas.

            Memang, ujar dia, ada kemungkinan pihak Kejaksaan Negeri Kab.Madina merasa kesulitan untuk melakukan pemeriksaan, sebab data –data yang mereka miliki minim sekali, sebab ada dugaan pihak-pihak Kades dengan mudah menyelesaikan masalah mereka setiap muncul protes dari masyarakat terkait DD.

            Sementara itu, warga Batang Natal Mahmuddin kepada Malintangpos Online, Rabu (17-7) di Halaman Inspektorat Madina, mereka heran dengan sikap dari Auditor Inspektorat Madina, kalau ditanya soal pengaduan masyarakat terkait DD, mereka tidak memberikan jawaban yang membuat masyarakat yakin, justuru timbul praduga negatif.

            Kenapa begitu..? dari penjelasan staf Inspektorat yang kita terima, sampai sekarang ini mereka mengakui terkait DD tidak ada masalah yang muncul dan tidak ada Kades yang mengelola dana salah, semua masih pada jalurnya, tentu penjelasan itu membuat kita emosi dan menuduh mereka telah kerja sama menggerogoti APBN, progam pemerintah RI yang sangat baik dan benar itu.

            “ Tolongklah pak.Kajari Madina maupun Kasi Intel dan Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Madina, segera menurunkan Tim untuk melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap Auditor Inspektorat Madina dan Kepala Desa se Mandailing Natal,” katanya ( Red)

 

 

 

Admin : Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.