Menjelang Pilkada, LSM Awasi Kepala Desa se – Kab.Mandailing Natal

Ilusterasi Borgol. 

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Agar pilkada Kabupaten Mandailing Natal tidak melibatkan ASN dan Kepala Desa dan aparat, sejumlah LSM(Lembaga Sewadaya Masyarakat)  yang ber alamat di Tabagsel, mengirim anggota 1-3 orang setiap desa/kelurahan.

” Ikuti pergerakan Kades dan Lurah, jika ada ASN di desa itu juga awasi, ambil foto jika menemukan kejanggalan sebagai bukti nantinya, ” Ujar Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah, Kamis(26/11) usai memberi materi kepada pengurus LSM di tingkat kecamatan di Kota Panyabungan.

Kata dia,  ada informasi berkembang dari mulut ke mulut di Kota Panyabungan, bahwa salah satu kades buka bicara ada paslon yang mengarahkan Kades untuk menggunakan Dana Desa. Untuk memberi saweran kepada warga pemilih.

Jika ini benar, berarti demokrasi kita sudah rusak, Bawaslu dijamin tidak mampu mengawasinya, karena itu kita dari LSM turun tangan untuk melakukan pengawasan.

” ASN, Kades dan aparat desa, ingat keluargamu, jangan nanti setelah ketangkap baru sadar, jika tidak bisa menahan diri, hati -hati jangan tertangkap,” kata Khairunnisyah.

Wakil Ketua LSM.Genta Madina Solahuddin Haryadi, mengakui jika informasi tentang Kades akan melibatkan diri memenangkan salah satu calon Bupati sudah santer di sejumlah kecamatan.

Artinya..?  kades nantinya akan mengginakan Dana Desa sebagai biaya untuk memberikan saweran kepada pemilih agar memilih paslon tertentu, jika kades ngak mau membantu, maka kasus kades akan dibongkar oleh paslon tertentu.

” Kita dari LSM sudah menyiapkan Tim Khusus disetiap desa dan kelurahan, berkolaborasi dengan Tim Paslon dan Parpol, untuk membongkar keterlibatan Kades dan ASN,” Ujar Solahuddin.

Kata Solahuddin, pihaknya sudah memberikan petunjuk, karena Bawaslu tidak bisa di harapkan untuk melakukan pengawasan dan kita akan tangkap setiap ASN dan Kades, serta aparat desa yang terlibat( Isk)

 

Admin : Iskandar hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.