Menjelang Ramadhan, Tradisi Ziarah Kubur, Silaturrahim di Mandailing Natal (1)

Setiap Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Tradisi religi tidak saja di Mandailing Natal, tetapi mungkin di Seluruh Indonesia, sangatlah banyak dan beragam, ada yang dijelaskan dalam dalil Al-Qur’an dan Hadis, ada juga yang tidak dijelaskan atau dilakukan oleh Nabi baik secara eksplisit maupun implisit, namun tradisi tersebut sangatlah baik, karena Silaturrahim juga terjalin.

Diantara tradisi menjelang bulan Ramadhan (akhir Sya’ban) adalah ziarah kubur. Sebagian mengistilahkan tradisi ini sebagai arwahan, nyekar (sekitar Jawa Tengah), kosar (sekitar JawaTimur), munggahan (sekitar tatar Sunda) dan lain sebagainya ( Dikutif dari berbagai sumber).

Bagi sebagian orang, hal ini menjadi semacam kewajiban yang bila ditinggalkan serasa ada yang kurang dalam melangkahkan kaki menyongsong Puasa Ramadhan.

Wartawan Media PT.Malintang Pos Group Siti Khoiriah,S.Hi Jebolan STAIN Mandailing Natal, melakukan Liputan Khusus terkait dengan Ziarah menjelang bulan suci Ramadhan tahun 2024, berikut ini laporannya dibuat secara Bersambung.

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.