Milirik Tanaman Holtikultura di Desa Runding Kec.Panyabungan Barat

HM. Sofwat Nasution dan Aswar Pulungan melihat Nenas Runding/Foto Dita Risky

BELAKANGAN Ini nama Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal,sangat gencar disebutkan masyarakat, karena adanya tanaman Tanaman Holtikultura jenis Pepaya Calina dan Nenas Runding.

Mungkin, itulah sebabnya Bacalon Bupati Madina Brigjen(Purn) HM.Sofwat

Foto : Akhir Matondang

Nasution yang berpasangan dengan Ir.H.Zubeir Lubis, menyempatkan diri melihat secara langsung ke daerah asal marga Rangkuty tersebut, Sabtu(29/8)  bersama sejumlah Tim Sofwat -Beir dan Wartawan.

Ternyata, kedatangan HM.Sofwat Nasution gayung bersambut disambut oleh Azwar Pulungan(Lian) yang merupakan salah satu petani yang memiliki tanaman Pepaya Calina, Nenas Runding dan Durian berbagai jenis, serta tanaman Holtikultura yang sangat luas dab sudah berhasil.

M. Sofwat mendapat penjelasan dari Aswar Pulungan tentang Pepaya/ Foto : Akhir Matondang

Aswar Pulungan(Lian), mengutarakan bahwa khusus daerah Runding ada tanaman Pepaya sekitar 25-30 Hektare dan diselingi dengan tanaman durian, Nenas, Pisang, serta tanaman Holtikultura lainnya.

Kata Aswar, petani -petani diwilayah tersebut adalah Eks. Penambang Emas, artinya para Penambang, seperti Dadang dan lainnya, pada waktu ada hasil Tambang mereka sisihkan uangnya untuk membuka kebun Pepaya dan lainnya.

M. Sofwat mengangkat Durian berat 8 Kg

Alhamdulillah, sekarang hasil Tambang Emas sudah kurang dan petani di daerah ini sudah ada yang berpenghasilan Rp 8.000.000.-/ Minggu dari Pepaya, itukan sudah kita syukurkan.

Bagaimana peranan Pemerintah..? Sambil tersenyum dia mengalihkan pembicaraan ke Durian  yg beratnya satu buah sekitar 8 Kg dan Nenas Runding beratnya 10 Kg.

” Kita memang sering di datangi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara Bibit Nenas mereka yang bantu, ” Ujar Azwar Pulungan memberikan penjelasan kepada Wartawan sambil keliling bersama Bacalon Bupati Madina HM.Sofwat Nasution (Bersambung Terus)

Admin : Iskandar Hasibuan

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.