Muscab ke II SPI, Hendra Chandra Hasibuan Ketua SPI Palas.

Para peserta saat mengikuti Muscab SPI ke II

SIBUHUAN(MalintangPos Online): Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Padanglawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Musyarawah Cabang (Muscab) II di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR) Sibuhuan, Kecamatan Barumun, baru baru ini.

Peserta Muscab berasal dari lima kecamatan yakni, Kecamatan Barumun, Kecamatan Ulu Barumun, Kecamatan Lubuk Barumun, Kecamatan Aek Nabara Barumun dan Kecamatan Sosa.

Ketua Panitia Muscab Fansuri AR Daulay menyebutkan bahwa para pengurus sebelumnya telah mempersiapkan musyawarah ini dengan melakukan pendidikan-pendidikan dan rapat-rapat di basis.

”Muscab membahas tentang perkembangan organisai dan menghasilkan keputusan-keputusan penting yang akan menjadi panduan bagi organisasi”, tutur Fansuri.

Ditambahkannya, bahwa agenda Muscab  membahas dan menetapkan program kerja, memilih ketua cabang dan memilih anggota majelis cabang. Sementara itu untuk untuk program lebih mengedepankan kepada tiga hal yakni pembaruan agrarian dan pembangunan pedesaan, penguatan organisasi serta politik.

Ketua DPW SPI Sumut Zubaidah didampingi Perwakilan Majelis Nasional Petani (MNP) Muhammad Yunus Nasution SSe menyampaikan bahwa  sangat penting bagi para petani untuk membangun organisasi yang terstruktur seperti SPI, karena SPI adalah wadah dan alat perjuangan bagi para petani (kecil).

“SPI ini adalah wadah bagi kita, kaum tani yang memiliki tujuan sama. Jadi kita sendirilah yang harus memajukan SPI ini demi kemaslahatan para petani Indonesia” tegas, Zubaidah.

Zubaidah juga mengungkapkan bahwa saat ini cukup banyak permasalahan yang dihadapi oleh petani mulai dari kepemilikan lahan yang rata-rata hanya 0,3 Hektare per KK, kriminalisasi petani, sistem perdagangan hasil tani yang tidak adil bagi petani, hingga ketergantungan petani kecil kepada para tengkulak.

“Kita sebagai petani harus berani berubah. Ada petani yang tidak berani berubah karena takut, tapi ada yang karena tidak tahu, agar tahu dibutuhkan pendidikan untuk petani. ” Berorganisasi itu seperti sapu lidi, jika hanya sebatang akan mudah dipatahkan jika bersatu akan sulit dipatahkan dan memiliki banyak kegunaan”, untuk itu marilah kita saling bergandengan tangan dalam membesarkan organisasi menuju SPI yang lebih baik, katanya.

Muscab akhirnya menetapkan Hendri Candra Hasibuan sebagai Ketua DPC SPI Kabupaten Palas periode 2017-2022. (AH).

Admin: Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.