Musim Kemarau, Petani di Lumban Dolok Kec.Siabu Butuh Air dan Pupuk

Petani Desa Lumban Dolok

SIABU(Malintangpos Online): Puluhan petani di Saba Sialang Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing natal, Sumatera Utara, mengharapkan kebijakan Dinas Pertanian maupun Bupati Mandailing Natal, untuk mengadakan Pupuk bagi petani yang sudah menanam padinya di Bulan September 2019 ini.

            Sebab, saat ini masyarakat petani mayoritas di Saba Sialang Desa Lumban Dolok mengeluh dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan, karena itulah petani sangat mengharapkan kebijakan dari pemerintah, baik masalah air maupun pupuk, agar tanaman padi masyarakat nantinya tidak rusak disebabkan.

            Hal itu disampaikan oleh masyarakat petani Saba Sialang Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu kepada Wartawan Malintangpos Online, Sabtu siang (28-9) ketika meninjau secara langsung kondisi tanaman padi masyarakat petani.

Petani Desa Lumban Dolok

Petani Marjan Said Pulungan, mengutarakan masalah kurangnya air para pengurus air Saba Sialang telah berupaya agar air bisa masukke areal pertanian, namun selalu gagal, sebab saat ini musim kemarau, keadaan sungai(aek) pun sangat kecil sekali, sulit untuk mengangkat air agar mengalir ke areal pertanian warga.

            Kata dia, jika air nantinya tidak masuk lagi ke areal pertanian, kemungkinan tanaman padi masyarakat akan rusak, karena itulah sangat dibutuhkan pupuk dari pemerintah dan memang belum disampaikan kepada Dinas Pertanian, tapi segera akan kita sampaikan agar Kadis Pertanian ataupun PPL segera turun melihat dari dekat kondisi tanaman padi masyarakat.

            “

Kondisi Tanaman Padi warga Desa Lumban Dolok

Tolonglah dibantu Wartawan untuk meneruskan aspirasi petani ke pemerintah, sebab kalau tidak segera diatasi, kemungkinan warga akan beralih ke tanaman Holtikultura nantinya, karena ketiadaan air,” ujar Marjan Said Pulungan’

            Pantauan Wartawan, para petani sekarang ini di Saba Sialang, ada yang menanam, ada yang menyamai bibit, ada yang lagi membersihkan pematang sawah untuk di tanamai, serta ada satu dua petani yang menenam tanaman holtikultura, sebab saat ini musim kemarau ( Pran Lbs/red)

 

 

Liputan : Pran Lubis/Red

Admin   : Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.