Musrenbang Jangan Hanya Usulan Bidang Fisik Saja

Irsan Efendi Nasution SH dari Fraksi Golkar saat memberikan pendapatnya terhadap usulan masyarakat pada Musrenbang Kecamatan Sidimpuan Selatan di Aula Kantor Camat P.Sidimpuan Selatan Rabu (1/3)

P.SIDIMPUAN(Malintangpos Online):Usulan yang sudah merupakan perioritas melalui musrenbang harus di kawal dan saat pembahasan kembali ingatkan kepada kami. Pada saat rapat penyusunan anggaran antar SKPD, apa yang menjadi usulan tersebut harus benar benar tertuang, sehingga kita bisa memperjuangkannya nanti pada penyusunan RAPBD. Demikian di sampaikan H.Marataman Siregar SH pada saat musrenbang di Aula Kantor Camat P.Sidimpuan Selatan Rabu (1/3).

Hal ini di ungkapkannya saat menyahuti aspirasi masyarakat Kecamatan Sidimpuan Selatan yang mengeluhkan kalau selama ini usulan yang sudah tertuang menjadi kegiatan prioritas saat musrenbang, ternyata pada pelaksanaan tahun anggaran usulan tersebut tidak ada. “ jadi mari saling mengingatkan nantinya, sehingga apa yang menjadi usulan prioritas bisa tertampung “ ujarnya.

Marataman lebih jauh menjelaskan bahwa banyak kegiatan pembangunan di kelurahan yang tadinya tidak tertampung pada draf RAPBD, tetapi masuk  menjadi pembangunan karena pihak legislatif menganggap hal tersebut sangat di butuhkan masyarakat.

Musrenbang Kecamatan Sidimpuan Selatan ini dipimpin DR.Alipada Harahap Asisten II bidang Pembangunan Kota P.Sidimpuan yang di hadiri utusan dari SKPD, Lurah, Kepala Lingkungan dan tokoh masyarakat P.Sidimpuan Selatan. Sementara itu dari 10 orang anggota DPRD yang berasal dari Dapil Sidimpuan Selatan terlihat hadir 4 orang yakni H.Marataman Siregar,SH.(Hanura) Irsan Efendi Nasution,SH (Golkar) H.Erwin Nasution.SH (PAN) dan Ahmad Gozali (PKPI).

Sementara itu Irsan Efendi Nasution SH dari Fraksi Golkar menyampaikan agar usulan dari kecamatan yang di sampaikan mesti memiliki sebaran yang adil dan proporsional. Sehingga seluruh masyarakat di kecamatan ini dapat menikmati pembangunan tersebut. Selain itu Irsan juga meminta agar musrenbang jangan hanya mengusulkan pembangunan bidang fisik saja. Ia meminta agar ada program untuk menurunkan angka kemiskinan. Pihak kelurahan membuat suatu pola usaha supaya masyarakat mampu meningkatkan tarap hidupnya dengan memberikan pelatihan dan bantuan dana langsung kepada usaha kecil atau sejenis home industri.  Untuk  itu kepada SKPD terkait agar menyesuaikan kegiatannya dengan usulan kelurahan.

Irsan juga menyoroti basis data Pemko P.Sidimpuan tentang kesejahteraan masyarakat yang dianggap belum valid. Untuk itu ia meminta kepada Lurah dan jajarannya memvalidkan data di tempat masing masing agar terlihat jelas tingkat kesejahteraan masyarakat setempat. Tanpa data yang akurat, program apapun yang dilaksanakan tidak akan mencapai target.

Pada bahagian lain, Camat P.Sidimpuan Selatan Sallim Siagian S.Sos berharap agar usulan dari masyarakatnya tersebut dapat di sahuti nantinya. Ia juga melihat bahwa usulan tersebut banyak yang merupakan usulan pada musrembang tahun sebelumnya. Sallim Siagian juga meminta kepada Lurah dan perangkatnya untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat proses usulan pembangun serta menjaga dan merawat pembangunan yang sudah ada. (ANS)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.