P.APBD Tahun 2021, 4 Unit Amrol Sampah Tiba di Madina

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):  4 unit Amrol pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, yang di an ggarkan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-ABPD) 2021 sampai di Madina, Senin (13/12).

Amrol Sampah yang tiba pukul 10.00 Wib diterima Sekretaris Daerah, Gozali Pulungan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kasmir Nasution, Sekretaris, Khairul.

Gozali mengatakan, beberapa unit pengadaan perlengkapan pengangkut sampah pada DLH Madina akan sampai paling lama tanggal 20 Desember 2021 ini diantaranya 1 unit alat berat (Exavator), 9 unit becak pengangkut sampah.

Pengadaan tersebut, kata Sekda, merupakan bukti keseriusan Pemkab Madina dalam menangani permasalahan sampah disamping upaya lain di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Batanggadis, Kecamatan Panyabungan Barat.

“Wakil Bupati, Atika Azmi Utammi juga sudah meninjau segala permasalahan yang ada di TPA, secepat mungkin mesin pemilah dan pengolah sampah segera difungsikan. Tolong disampaikan kepada masyarakat bahwasanya Pemkab sangat peduli persoalan sampah ini,” kata Sekretaris Daerah.

Kasmir Nasution menambahkan, untuk penanganan sampah di TPA yang bermasalah belakangan ini sudah diupayakan jangka pendek.

ia mengaku penanganan itu berkat kerja sama Pemkab Madina dengan PT Sorik Marapi Gheotermal Power (SMGP) dalam hal perbantuan alat berat.

“Sementara ini, PT SMGP telah membatu kita dalam hal penanganan sampah di TPA. Itu bantuan langsung dari perusahaan untuk kita, tanpa ada ikatan apapun,” ujarnya.

Kasmir mengaku pembangunan paret dan pengerasan jalan menuju TPA Desa Batang Gadis sudah dianggarkan dalam APBD 2022.

Jika musim hujan, jalan menuju TPA sangat licin, kadang kita terkendala disitu. Tahun 2022 ini, kita akan bangun paret dan pengerasan jalan saja.

Sebab, kalau kita aspal, itu tak bisa karena bukan milik pemda, melainkan sistem kontrak kepada masyarakat,” katanya di Taman Raja Batu,Senin(13/12)(Dita/Isk)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.