Panyabungan” Menyabung ” Ditunggu Suara 40 Anggota DPRD Mandailing Natal (1)

SAMBUTAN Bupati Mandailing Natal H.M.Ja’far Sukhairi Nasution, ada tersebut kalimat Panyabungan ” Menyabung ” atau sering juga diucapkan masyarakat kita selama ini ” Adu Domba ” apalagi setelah adanya Media Sosial(Medsos), Facebook dan Istaqram, sering disampaikan berbagai kalimat yang seharusnya tidak perlu disampaikan.

“Ada ide, tapi ini baru sebatas usulan,
bagaimana kalau nama Panyabungan, yang
juga ibu kota Kabupaten Mandailing Natal, diganti..? Tanya Bupati Madina HM.Ja’far Sukhairi Nasution, waktu menyampaikan sambutan pada pelantikan Pengurus SMSI Madina Priode 2022 -2026 di Aula Rindang Hotel Panyabungan.

Apakah Saudara Iskandar Hasibuan, Akhir, Adek dan Alimusa Manto ” Setuju ” Pemimpin Media Lokal tersebut, sependapat dengan Bupati, untuk ada ” Perubahan ” di Kabupaten Mandailing Natal ke depan ini.

Penulis, setelah selesai acara Pelantikan SMSI Madina, mencoba membicarakan dengan sejumlah tokoh masyarakat, baik Tokoh Adat, Politisi, Ulama, Guru, mayotitas mengutarakan ” Ada 40 Anggota DPRD Mandailing Natal ” coba mereka dulu yang membicarakan, atau membahasnya, dengan mengundang pihak – pihak yang berkompeten.

Kenapa..? Ide atau Gagasan yang Dilontarkan Bupati Madina HM.Ja’far Sukhairi Nasution ” Tidak Semudah Membalik Telapak Tangan ” pasti memakan waktu yang lama dan pasti membutuhkan biaya.

Mengutif yang disampaikan Bupati, dulu pernah ada di daerah Desa Panyabungan Julu,Tugu diatasnya Patung Ayam yang
sedang berlaga.

Patung tersebut menandakan, lokasi tersebut sebagai tempat menyabung
(Mengadu) Ayam.

 

Dalam bahasa Mandailing, Pa itu artinya
tempat, Misalnya, Pa-nggorengan (tempat
Menggoreng). Begitu juga Pa-nyabungan ( Tempat Menyabung).

Begitupun, dulu juga H.Amru Daulay,SH dan Alm.H.Abd.Rahman Nasution ( Ompung Kolol), pernah mengusulkan agar Panyabungan diganti, tetapi mendapat protes banyak dari sejumlah tokoh ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan…..

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.