Pasca Korban Lobang Sarahan, Malintang Pos Diminta Desak Pemerintah Madina Tutup Tambang

warga membawa korban tambang emas Sarahan.

PANYABUNGAN (Malintangpos Online): “Sejumlah elemen masyarakat baik dari warga, LSM dan Mahasiswa mendatangi Redaksi Skm.Malintang Pos di Jalan Bermula Panyabungan II Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal,untuk mendesak Bupati Madina menutup aktifitas tambang emas Ilegal dan juga mengharapkan kepada Polisi agar segera”Menangkap” oknum pemilik lobang tambang yang mengakibat warga meninggal dunia.

            “Tambang Emas di eks TNBG dan oknum pemilik lobang Sarahan yang mengakibatkan warga meninggal dunia harus segera dilakukan pengusutan, sebab warga yang sudah menggantungkan hidupnya dari Tambang emas Ilegal itu sudah sangat bahaya bagi keselamatan warga selama ini,” ujar Ketua LSM.Merapti Putih Tabagsel Khairunnisah kepada Malintangpos Online,Minggu malam(15-01).
            Kata dia,seperti ungkapan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution dan Ketua DPD.KNPI Madina Onggara Lubis bahwa tambang emas illegal diwilayah Hutabargot sekitarnya harus segera ditutup, sebab sudah banyak korban jiwa sekalipun banyak menghasilkan uang bagi pengusahanya yang berlindung dibalik rakyat.
            Disebutkannya, Bupati Madina dan Ketua KNPI Madina bukan tidak memahami betapa pentingnya kehidupan bagi masyarakat dan ajal manusia itu Cuma Tuhan Yang Maha Esa yang mengetahuinya, namun janganlah rakyat Madina mati sia-sia di lobang tambang yang hanya mengharapkan hidup.
            “Pokoknya kita minta pemilik lobang Sarahan yang telah mengakibatkan warga Panyabungan Selatan meninggal dunia harus ditangkap, jangan diisukan lobang sudah ditutup lalu nyawa orang ngak ada artinya,”katanya dengan tegas.
            Informasi yang diperoleh Malintangpos Online, bahwa pemilik lobang yang identitasnya sesuai pengakuan aparat desa di Hutabargot Julu adalah M dan kawannya sudah menghilang dari Mandailing Natal dan tentu menghilangnya pemilik lobang karena diduga bermasalah, jika ngak bersalah ngak mungkin menghilang orangnya.
            “Kami yakin Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Ketua KNPI Madina Onggara Lubis dan Kapolres Madina bakal melakukan langkah positif untuk kepentingan masyarakat Mandailing Natal,” katanya.(red).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.