Pasca PSU, Dahlan – Aswin ” Menggugat ” ke Mahkamah Konstitusi (MK)

KEMUNGKINAN Masyarakat Mandailing Natal masih ingat dengan judul tulisan di Malintangpos Online ” Benarkah Dahlan – Aswin Gugat Lagi Hasil Pilkada Mandailing Natal…? ” ternya isu tersebut adalah benar dengan keluarnya Tanda Terima Pengajuan Permohonan Online dari Mahkamah Konstitusi(MK).

Tanta Terima Pengajuan Permohonan tersebut Nomor :13/PAN.ONLINE/2021, Perihal : Perselisihan Pemilihan Bupati Mandailing Natal 2021,  dengan Kuasa Hukum :  Janter Manurung,  tanggal 28 April 2021 pukul 15.45 Wib di Tanda Tangani Panitera  Muhidin yang diperoleh Redaksi melalui WhatsApp,Rabu malam(28/4).

Dalam Tanda Terima tersebut, tercantum disebutkan berbagai dokumen yang telah diajukan pihak Pemohon Drs.H.Dahlan Hasan Nasution dan H.Aswin.

Masyarakat yang mendapat informasi tentang Permohonan Gugatan Paslon 02 tersebut banyak yang heran dan sambil berkata ” Haknya Dahlan -Aswin Menggugat, jika diterima juga nanti mungkin ada PSU lagi, kapan selesainya Pilkada Mandailing Natal,” Ujar Herman Pulungan warga Mandailing Natal,Rabu malam(28/4) di Panyabungan.

Kata dia, jika yang digugat adalah Perselisihan hasil Pemilihan Bupati Mandailing Natal tahun 2021 sedikit janggal, karena yang menang di PSU tanggal 24 April 2021 tersebut adalah paslon 02 Dahlan- Aswin.

Tulisan Sebelumnya, MASYARAKAT Kabupaten Mandailing Natal Pasca Pemungutan Suara Ulang ( PSU) kembali ” Heran ” dengan beredarnya isu di tengah -tengah masyarakat, karena informasinya Paslon Dahlan -Aswin ” Menggugat ” hasil Pilkada.

Seperti ungkapan Kuasa Hukum Paslon Sukhairi -Atika(SUKA) Dr.H.Adi Mansar Lubis,SH.M.H, bahwa Putusan MK itukan tidak ada upaya hukumnya yang secara kuantitatif telah memberikan 235 suara kepada Sukhairi dan Atika

Kemudian disuruh PSU, hasil PSU nya yang menang 02( Dahlan -Aswin) jadi agak janggal lah nanti judul beritanya menang PSU di 3 TPS Kabupaten Mandailing Natal , menggugat di Mahkamah Konstitusi(MK).

Menyimak, komentar diatas, jika benar Dahlan -Aswin ” Menggugat ” hasil PSU Pilkada 24 April 2021 ke-MK sangat banyak yang ” Heran dan Bingung ” karena di PSU tersebut dijumlahkan yang menang Paslon 02 Dahlan – Aswin

Antara lain, TPS 01 Desa Bondar Panjang Tuo Kecamatan Muarasipongi 01 mendapat 116 dan 02 mendapat 216 suara. TPS 01 di Desa Kampung Baru 01 128 suara dan 02. 107 suara yang berarti secara keseluruhan yang menang adalah 02 Dahlan – Aswin.

Makanya, Kuasa Hukum SUKA Dr.H.Adi Mansar Lubis,SH.M..Hum, mengutarakan bahwa Kalau untuk hasil Pilkada pemungutan suara ulang Mandailing Natal kalau menurut saya dari sisi analisis hukum saya , 02 itu tak bisa mengajukan gugatan ke MK

Dan itu membuat malu , kenapa , karena dalam isu ini 02 itu menang di Desa Bandar Panjang Tuo dia menang 100 suara, di Desa Kampung Baru TPS 2 dia menang 2 suara, di TPS 01 saja dia kalah 11 suara

Sehingga , apabila dikalkulasikan semua dia unggul 81 suara , hanya saja kalau 81 suara ini Dilaga dengan keputusan MK yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap 235 suara diberikan kepada paslon 01 dan kemudian diakumulasikan maka memang yang dilantik itu kosong satu(01).

oleh karena itu , 02 mestinya harus melakukan analisa dari sisi kemenangan mereka di PSU kemarin.

Kenapa..? karena biasanya hanya orang yang kalahlah yang menggugat , bukan orang yang menang yang menggugat

” jadi kalau orang yang menang menggugat dia menggugat hasil kemenangannya, menurut saya itu bukan kewenangan dari Mahkamah Konstitusi,” Ujar Dr.H.Adi Mansar.Lubis,SH.M.Hum.

Makanya, isu dan rumor yang muncul akhir -akhir ini di Mandailing Natal tentang Munculnya ” Gugatan ” Paslon Dahlan – Aswin ke Mahkamah Konstitusi(MK).

Redaksi Malintang Pos Group dalam beberapa hari ini terus mencari kebenaran ” Isu ” yang berkembang tentang rencana gugatan Paslon 02 Dahlan -Aswin ke Mahkamah Konstitusi(MK) ataupun mungkin gugatan ke Bawaslu maupun Gakumdu ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.