PDIP Minta Dinkes Madina Cek Semua Mobil Ambulance

Iskaandar Hasibuan

BUKIT MALINTANG (Malintangpos Online): “Ketua DPC.PDI Perjuangan Kabupaten Mandailing Natal Iskandar Hasibuan,mengutarakan bahwa Ambulans adalah kendaraan transportasi gawat darurat medis khusus orang sakit atau cedera yang digunakan untuk membawanya dari satu tempat ke tempat lain guna perawatan lebih lanjut.

Disebutkannya,Istilah Ambulans digunakan menerangkan kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut dan Kendaraan ini dilengkapi dengan sirene dan lampu berwarna merah dan biru gawat darurat agar dapat menembus kemacetan lalu lintas.
“Makanya saya ikut bingung mendengar Ambulance Puskesmas Bukit Malintang ketika membawa korban kecelakaan mengalami rusak ketika menuju RSU Panyabungan, keadaan itu ngak boleh dibiarkan, harusnya pihak Puskesmas maupun Dinas Kesehatan lebih jeli dan segera mengecek seluruh mobil ambulance yang ada di Puskesmas se Mandailing Natal,”ujar Ketua DPC.PDI Perjuangan Kabupaten Mandailing Natal Iskandar Hasibuan,Senin malam(16-1) dirumahnya ketika menerima warga Bukit Malintang yang mengadukan masalah itu.
Untuk diketahui, ujar Iskandar Hasibuan yang putra Bukit Malintang itu,Kendaraan Puskesmas Keliling juga merupakan kendaraan Ambulans yang memiliki tugas dan kegunaan yang sama sebagai transportasi kendaraan medis kesehatan gawat darurat dan untuk mengangkut orang cedera atau sakit ke tempat perawatan.
Selain itu, mobil Ambulance itu boleh menempuh lampu merah, melewati jalur melawan arus, kenapa…? Karena memang gunanya untuk membawa orang yang membutuhkan pertolongan cepat, bagaimana kalau mobilnya rusak membawa orang sakit, bisa mampus sebelum sampai ke Rumah Sakit.
Terus terang,katanya, saya bukan menyalahkan siapa-siapa, tapi tolong setiap Ka.Puskesmas yang mempunyai Ambulnace supaya dicek itu kenderaan, jika ada kerusakan sampaikan kepada Dinas Kesehatan, kalau sudah disampaikan juga ngak ada perhatian, mohon kepada Ka.Puskesmas membuat catatan bahwa mobil milik Puskesmas sudah diusahakan memperbaiki, tapi pihak Dinas Kesehatan ngak peduli, buat aja laporan, agar jangan Ka.Puskesmas disalahkan masyarakat.
Saya yakin, ujar Iskandar Hasibuan, kalau Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution mengetahui keadaan mobil yang membawa warga yang korban kecelakaan mobil Ambulance nya rusak ditengah jalan pasti akan marah dan akan memberikan tindakan kepada kepala Puskesmas nya maupun Kadis Kesehatannya, karena itu sudah keterlaluan, walaupun mobil itu adalah buatan manusia.
“Yang benar saja mobil Ambulance rusak ditengah jalan ketika membawa orang korban kecelakaan, sudah ngak benar itu, mohonlah kepada Kadis Kesehatan Madina drg.Ismail Lubis supaya mengingatkan Ka.Puskesmas untuk merawat mobil Ambulance,” katanya dengan suara keras dihadapan warga Bukit Malintang,Senin malam(16-01) usai wirit dirumah korban kecelakan.(red).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.