Pelayanan Publik di Padang Terbaik, Walikota Terima Penghargaan

PADANG(Malintangpos Online): Pelayanan Pemerintah Kota Padang kepada warganya dinilai Ombudsman. Sepanjang tahun 2022, Pemko Padang dinilai telah memuaskan publik. Berkat itu, Wali Kota Padang Hendri Septa menyabet penghargaan.

Wako Hendri Septa memboyong pulang penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman RI. Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih itu diserahkan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Yefri Heriani di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar, Jumat (27/1/2023) pagi.

“Diterimanya piagam penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 ini, semoga semakin menambah semangat bagi kita seluruh jajaran Pemko Padang untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Hendri Septa usai menerima penghargaan.

Ombudsman RI menyerahkan penghargaan kepada Pemko Padang bukan tanpa sebab. Setelah dinilai sepanjang tahun 2022, Pemko Padang meraih nilai 82,55 sehingga masuk ke Zona Hijau dengan kategori Kualitas Tinggi. Capaian ini naik dibanding tahun 2021, ketika itu Padang hanya meraih Zona Kuning atau Kualitas Sedang dengan nilai 72,93.

“Terima kasih kepada seluruh warga Kota Padang yang telah memberikan kepercayaan kepada kita sampai saat ini serta merasa puas atas pelayanan selama ini,” ujar Hendri Septa.

Wali Kota Padang juga memberi apresiasi kepada seluruh pimpinan dan staf di seluruh OPD di Pemko Padang. Menurutnya, seluruh ASN di lingkup kerjanya telah berhasil menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Penghargaan tersebut sangat penting, namun bukanlah tujuan utama kita, karena Pemko Padang itu prioritas tugasnya memang melayani masyarakat dengan prima. Saya berharap pada penilaian tahun 2023 nilainya bisa meningkat lagi. Maka itu kepada setiap OPD wajib menjaga dan meningkatkan pelayanan publiknya,” sebut Wali Kota Hendri Septa.

Salah satu pelayanan kepada publik yang dianggap mampu menjembatani antara Pemko Padang dengan masyarakat yakni adanya aplikasi pengaduan masyarakat. Pemko Padang telah memiliki aplikasi pengaduan yang disebut “Padang Kiniko”. Aplikasi ini telah dilaunching pada tahun 2022 lalu.

Wali Kota Padang menilai, aplikasi ini cukup membantu dirinya untuk mengetahui apa saja keluhan masyarakat. Serta mencarikan jalan keluar atau solusi dari aduan tersebut.

“Aplikasi pengaduan yang dilauncing akhir tahun 2022 ini akan semakin dimaksimalkan dan dikembangkan, sesuai saran Ombudsman Sumbar, Pemko Padang maksimalkan aplikasi ini agar sistemnya terkoordinasi dengan camat,” kata Hendri Septa.

Nantinya, ketika ada warga yang mengadukan persoalan, maka semua elemen pemerintah kota, terutama camat akan bergerak untuk menanganinya. Saat ada pengaduan dari warga di suatu kecamatan, keluhan ini diterima langsung oleh camat setempat. Ketika itu juga camat yang akan mengontak OPD untuk melakukan eksekusi.

“Aplikasi ‘Padang Kiniko’ akan lebih dimaksimalkan lagi pada tahun ini dan dimasifkan ke tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Perwakilan Sumbar Yefri Heriani memberikan selamat dan apresiasi atas kerja keras dan komitmen Pemko Padang dalam menjaga pemenuhan standar pelayanan publik sejauh ini.

“Selamat kepada Pak Wali bersama Pemko Padang yang sukses meraih penghargaan predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 dengan kategori kualitas tinggi. Semoga ke depan dapat menjaga dan bahkan lebih meningkatkannya lagi,” harap Yefri Heriani.

Pelayanan terbaik yang diberikan Pemko Padang memang cukup dirasakan oleh warga. Pembenahan sistem pelayanan oleh OPD di Pemko Padang membuat warga terpuaskan.

Seperti yang disampaikan Al, seorang warga yang berdomisili di Jati. Menurutnya, pelayanan yang diberikan pihak puskesmas cukup membantunya dalam berobat. Berobat tak perlu lagi berlama-lama.

“Sekarang untuk berobat tidak butuh waktu lama lagi,” ungkap Al.

Sementara, Hendro segendang sepenarian dengan Al. Lelaki asal Kuranji ini mengakui bahwa pelayanan yang diberikan pemerintah jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Apalagi sejak munculnya sejumlah aplikasi yang dibuat oleh Pemko Padang. Sangat memudahkan warga dalam berurusan.

“Agar bisa berurusan kini tak perlu lagi datang ke kantor, cukup melalui handphone saja,” sebutnya.

Penghargaan yang diterima Hendri Septa merupakan penghargaan perdana di awal 2023. Total penghargaan yang terima Wako Hendri Septa sejak tahun 2021 sampai dengan 2023 saat ini berjumlah 69 penghargaan. Tercatat, pada tahun 2021, Wako Hendra Septa sukses menyabet 29 penghargaan dan tahun 2022 sebanyak 39 penghargaan.

(Narasi : Charlie, Foto: M. Ridwan / Prokopim)

Admin: Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.