Pembangunan DD Desa Batang Bulu Lama Rampung

Tim Kecamatan Zulkifli Lubis, Tieslan bersama Kepala Desa Goloman Hasibuan, Sekdes Husein dan TPK Mahluddin Hasibuan saat monitoring DD Batang Bulu Lama.

PALAS(Malintangpos Online): Pembangunan Fisik desa gencar dilaksanakan di tiap tiap desa hal itu tiada lain untuk meningkatkan pembangunan desa baik sumber anggaran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah daerah kabupaten.

Sama Halnya di Desa Batang Bulu Lama Kecamatan Barumun Selatan Kabupaten Padanglawas (Palas), untuk dana desa kini dilaksanakan dengan membangun Sarana Air Bersih (SAB) desa dengan pembuatan bak penampung air, penanaman pipa sepanjang 1800 meter, drainase panjang 100 meter, dek penahan tanah jalan desa sepanjang 5 meter ditambah pemberdayaan masyarakat berupa alat-alat PKK seperti dandang, kuali, rebana, kursi, mesin genset dan kursi 100 unit.

Kepala Desa Batang Bulu Lama Goloman Hasibuan didampingi Sekdes Husein Hasibuan dan tim pelaksana kegiatan Mahluddin Hasibuan mengatakan skala prioritas untuk bantuan anggran DD kini telah dipergunakan sesuai rencana anggaran biaya ( RAB). Hal itu dilakukan mengingat pentingnya pembangunan SAB desa serta drainase  untuk keperluan di desanya demi masyarakatnya yang membutuhkan, lebih jauh Goloman  menerangkan bangunan SAB desa  sangat diperlukan oleh  masyarakat yang penduduknya mayoritas petani.

” Yang paling utama membangun SAB desa dulu, sehingga masyarakat mempergunakannya tanpa ada kendala dan keluhan masyarakat yang sebelumnya mengeluhkan masalah air bersih,”ucapnya.

Kades Batang Bulu Lama menambahkan “tahun depan kami akan lanjutkan pembangunannya dan TPT jalan desa agar sepat selesai seluruhnya dan dananya menggunakan bantuan dari dana desa anggaran dari pemerintah pusat,” paparnya.

Sementara dana desa disamping pembangunan infrastruktur digunakan program pemberdayaan seperti alat  perlengkapan PKK, mesin genset 2 unit, kursi 100 unit, rebana, dandang dan lainnya tandas Goloman, Selasa (24/1).

Terpisah, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Barumun Selatan Zulkifli Lubis didampingi Kepala Seksi Pembangunan Tieslan kepada M24 saat monitoring terakhir dana desa 2016 di desa Batang Bulu Lama mengatakan  untuk alokasi Dana Desa Batang Bulu Lama bantuan dari pemerintah daerah direalisikan pembangunannya di masyarakat dilingkungan RW dan RT sudah kami awasi dengan baik dan tanpa ada kendala di lapangan sampai saat ini pengerjaan pembamgunannya kini sudah  rampung dilaksanakan baik dana desa maupun alokasi dana desa di Batang Bulu Lama, mudah mudahan dana desa tahun 2017 ini dapat dipergunakan lebih baik lagi pungkasnya.(ak)

Admin: Nisrayani

Komentar

Komentar Anda

About Nisra Yani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.