PEMBANGUNAN PENGERASAN JALAN DESA PLASMA MONDANG BERI MANFAAT KEPADA MASYARAKAT.

Terlihat mobil truk saat membawa sawit dari perkebunan masyarakat plasma mondang, salahsatu manfaat dibangunnya jalan desa.

PALAS (Malintangpos Online) : “Pembangunan pengerasan jalan dari perkampungan  menuju Perkebunan Masyarakat Desa Plasma Mondang, Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas (Palas) Sumatera Utara menggunakan Dana Desa (DD) dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat, pasalnya, baik pembangunan yang bersifat fisik maupun non-fisik yang dilakukan di desa tersebut memang telah lama dinantikan masyarakat.

Pengakuan ini disampaikan oleh Kepala Desa Plasma Mondang Suhemi Hasibuan,  kepada Malintangpos saat ditemui  di lokasi pembangunan pengerasan jalan desa, minggu (15/1) kemarin.
“Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah karena adanya DD sehingga Desa kami terbangun, tahun ini kami (Desa Hou, red) mendapatkan Dana Desa dari Pemerintah pusat dan Alokasi Dana Desa dari Pemkab ” ungkapnya.
Dengan menggunakan DD dan ADD, dikatakan Suhemi, Desa Plasma Mondang kini telah mampu membangun infrastruktur berupa pengerasan jalan sehingga saat ini masyarakat terbantu untuk mengangkut hasil kebunnya Mobil untuk bermuat sawit langsung kelokasi penimbangan sudah bisa dijangkau dengan mudah sejak adanya bangunan jalan menuju perkebunan masyarakat.
“Pembangunan fisik di Desa Plasma Mondang yang tengah dilakukan adalah pembangunan pengerasan jalan yang akan segera rampung,” tukasnya.

Menggunakan DD dan ADD ini pula, lanjut Suhemi, Pemerintah Desa dapat membiayai segala aktivitas operasional dalam rangka penyelenggaraan desa.
“Selain fisik, kalau untuk non-fisik, menggunakan DD dan ADD, kami prioritaskan untuk pengadaan mobiler (perlengkapan, red) alat yang bisa di gunakan masyarakat desa seperti grobak sorong, tratak serta alat-alat lain yang bermanfaat dan pembayaran honorarium staf di kantor desa,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Ketua.BPD Plasma Mondang Sahlan Hasibuan dan Tokoh Masyarakat Mulkan Hasibuan kepada Media mengakui bahwa dengan di bangunnya fasilitas jalan di desa mereka maka hal ini sangat membantu menunjang perekonomian masyarakat Desa, di mana sebelumnya semua hasil kebun selalu kami angkut dengan cara mengangkat manual tapi sekarang ini beda, sejak pengerasan jalan ini ada maka kenderaan roda empat untuk mengangkat hasil kebun kami sudah leluasa dan tidak ada jendala lagi, dan kami masyarakat desa plasma mondang sangat berterimakasih kepada pemerintah karena sudah membangun Desa kami melalui DD dan ADD, tutur mereka.

Sementara saat ditemui Dikantornya, H.Agussalim Nst Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Palas  mengajak pengurus Desa agar melalui DD dan ADD ini masyarakat Desa dapat di berdayakan dan pengurus Desa juga wajib transparansi dalam pengelolaan DD dan ADD. (AK).

Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.