Pemkab Asahan Launching Pelayanan Adminduk Untuk 6 Kecamatan Di Pulau Rakyat

tampak Bupati Asahan (duduk kanan) menyaksikan Ketua TP PKK Asahan Ny Titiek Sugiharti Surya (kanan) saat menyerahkan berkas kependudukan kepada salah seorang warga.

ASAHAN (Malintangpos Online): Dalam rangka memberikan salah satu kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengurusan Dokumen Kependudukan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melakukan launching Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kecamatan Pulau Rakyat, Jum’at (26/3).

Acara Launching Adminduk bertempat di aula kantor Camat Pulau Rakyat, dihadiri Bupati Asahan, H. Surya Bsc, Ketua TP PKK Asahan, Ny. Titiek Sugiharti Surya, Wakil Ketua TP PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Asahan, Drs. H. Supriyanto, Mpd, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE, OPD terkait, Camat Pulau Rakyat Aspihan Daulay, SH, MM, Camat Bandar.Pulau, Camat Aek Ledong, Camat Rahuning, Camat Aek Songsongan dan Camat Aek Kuasan dan para Kepala Desa serta undangan lainnya.

Kedisdukcapil Asahan, Drs. H. Supriyanto, MPd dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Launching Adminduk pada hari ini adalah Implementasi UU No. 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, disamping itu juga dimaksudkan untuk mempermudah Masyarakat dalam mengurus Administrasi Kependudukan dengan mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter.

Lebih lanjut Supriyanto juga mengatakan Launching Adminduk pada hari ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Dokumen Administrasi Kependudukan sesuai dengan Implementasi Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) yang telah dicanangkan pada tahun 2019 yang lalu.

“Jenis layanan Adminduk yang di Launching pada hari ini adalah Pengurusan KK, Akte Kelahiran, Perekaman KTP-el, Pencetakan KTP-el,” ucap Supriyanto.

Pada Kesempatan Launching Adminduk ini juga diserahkan 4719 Kartu Identitas Anak, Penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj Titiek Sugiharti Surya dan Wakil Ketua TP  PKK Ny. Yusnila Indriati Taufik.

Selanjutnya kata bimbingan dan arahan disampaikan oleh Bupati Asahan, H. Surya Bsc. Beliau mengatakan, Dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami penduduk. Hal ini merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status hak sipil penduduk dan memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.

Selanjutnya Bupati Asahan juga mengatakan bahwa Dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Akta Kelahiran Catatan Sipil ,serta Kartu Identitas Anak sangat dibutuhkan penduduk di semua strata sosial. Karena merupakan awal dan salah satu persyaratan untuk pengurusan pelayanan publik lainnya. Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan misalnya tanpa adanya dua dokumen itu, negara tidak dapat memberikan program-program terkait kesehatan, pendidikan, maupun urusan Administrasi lainnya.

“Dengan Launching Pelayanan Adminduk pada hari ini maka Pelayanan Administrasi Kependudukan yang selama ini terpusat di Ibu Kota Kabupaten terutama Pencetakan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Pencetakan KTP-el sudah dapat di Lakukan di Kantor Camat Pulau Rakyat yang melayani enam kecamatan meliputi Kecamatan Pulau Rakyat, Rahuning, Bandar Pulau, Aek Songsongan, Aek Kuasan dan Aek Ledong,” tegas Bupati.

Untuk itu Bupati menghimbau kepada Masyarakat khususnya yang berada di 6 Kecamatan untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus Administrasi Kependudukan secara langsung dan saya pastikan ini semua Gratis.

“Dengan Launching Adminduk ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya Dokumen Kependudukan, pentingnya Manfaat data kependudukan sesuai dengan Tujuan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat,” tutur Surya.

Bupati juga memerintahkan Kepada Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat membantu dan memberikan pemahaman kepada warganya tentang pentingnya Adminduk. Khususnya kepada Kadisdukcapil dan jajarannya supaya dapat memberikan pelayanan yang baik dan maksimal dalam pemenuhan Administrasi Kependudukan.

“Pelayanan Adminduk yang dilaunching pada hari ini nantinya juga secara bertahap akan dikembangkan di Kecamatan lainnya sehingga pelayanan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan benar benar dapat menyentuh harapan Masyarakat,” ujar Bupati.

Diakhir Acara Bupati meninjau Pelayanan Administrasi Kependudukan yang baru saja di Launching dan sekaligus H. Surya Juga mamantau Proses pencetakan Adminduk yang langsung diserahkan beliau kepada masyarakat yang mengurus Adminduk.(MT)

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.