Pengerasan Jalan Desa Sayur Matua Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Pengersan jalan di desa sayur matua yang sudah selesai dikerjakan.

PALAS(Malintangpos Online):Pembangunan pengerasan jalan Desa Sayur Matua Kecamatan Barumun Kabupaten Padanglawas (Palas) Sumatera Utara dengan panjang 1510 meter menggunakan dana desa (DD) dengan biaya Rp.570 juta lebih dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sayur Matua, pasalnya baik pembangunan yang bersifat fisik maupun non-fisik yang dilakukan di Desa Sayur Matua yang berpenduduk  675 jiwa memang telah lama dinantikan masyarakat.

Pengakuan ini disampaikan oleh Kepala Desa Amal Lubis melalui Sekretaris Desa (Sekdes).Sayur Matua Paniopan Lubis didampingi tim pelaksana kegiatan (TPK) Desa  Desmon Telambanua kepada Malintang Pos saat ditemui, Kamis (26/1)“Saya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Pusat  dan Pemerintah Kabupaten Palas karena adanya DD dan ADD sehingga desa kami terbangun ” ungkapnya.

Dikatakannya dengan menggunakan DD dan ADD Desa Sayur Matua kini telah mampu membangun infrastruktur berupa pengerasan jalan sehingga saat ini masyarakat terbantu untuk mengangkut hasil kebunnya dengan menggunakan beko sorong atau kendaraan roda dua dan empat.
“Pembangunan fisik di Desa Sayur Matua yang tengah dilakukan adalah pembangunan pengerasan jalan yang saat ini sudah rampung,” tukasnya. Menggunakan DD dan ADD ini pula pemerintah desa dapat membiayai segala aktivitas operasional dalam rangka penyelenggaraan desa.
“Selain Pengerasan jalan panjang 1510 meter kami juga membangun dua unit MCK pemberdayaan masyarakat diprioritaskan antara untuk pengadaan mobiler, kursi 45 unit, lemari arsip 1 unit, alat yang bisa di gunakan masyarakat desa seperti grobak sorong, cangkul, serta alat-alat lain yang bermanfaat dan pembayaran honorarium staf di kantor desa selanjutnya untuk tahun 2017 ini kami akan menggalakkan badan usaha milik desa (Bumdes) secara bertahap” tutupnya.

Terpisah beberapa masyarakat Desa Sayur Matua juga mengakui bahwa dengan di banggunnya fasilitas jalan di desa mereka maka hal ini sangat membantu menunjang perekonomian masyarakat desa di mana sebelumnya semua hasil kebun selalu kami angkut dengan cara mengangkat manual tapi sekarang ini beda sejak pengerasan jalan ini ada maka kami menggunakan grobak sorong, roda dua dan roda empat untuk mengangkat hasil kebun kami ke pasar pekan, terimakasih pemerintah karena sudah membangun desa kami melalui DD dan ADD tutur masyarakat.

Saat ditemui dikantornya, kamis (26/1) Camat Barumun  As’ad Tuffeil usai temu ramah dengan seluruh Kepala desa se Kecamatan Barumun mengajak pengurus desa agar melalui DD dan ADD ini masyarakat desa dapat di berdayakan dan pengurus desa juga wajib transparansi dalam pengelolaan DD dan ADD. (ak)

Admin: Nisrayani

Komentar

Komentar Anda

About Nisra Yani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.