“PENTINGNYA PERAN ETIKA BISNIS DIMASA PANDEMI COVID-19”

Virus Corona atau lebih dikenal dengan covid-19 yang saat ini tengah melanda dunia tidak hanya berdampak terhadap pada kesehatan masyarakat saja, ternyata juga memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Nasional maupun Internasional, Mulai dari aspek ekonomi dan bisnis hingga pada kehidupan sehari-hari.

Covid-19 ini mempunyai bentuk penyebaran virus yang sangat cepat, sehingga organisasi kesehatan dunia (WHO) harus menetapkan status pandemic global pada wabah ini.

Wabah ini berpengaruh besar di kehidupan masyarakat. Di Indonesia, pemerintah mulai mencoba menerapkan berbagai usaha demi mencegah penyebaran wabah ini, Salah satunya dengan menjaga jarak dan membatasi aktivitas diri untuk keluar rumah.

Saat ini semakin sedikit orang yang bepergian keluar rumah, berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan, pendidikan sampai kepada bisnis yang dijalankan menjadi terhambat bahkan terhenti untuk sementara waktu.

Demi mencegah penyebaran virus Covid-19 ini pemerintah menerapkan kebijakan untuk bekerja dari rumah (WFH) dan juga pembatasan sosial yang menyebabkan berbagai aktivitas bisnis harus dilakukan dari jarak jauh dan ini turut mempengaruhi perekonomian masyarakat di Indonesia dan membuat perekonomian kian terpuruk.

Mengingat pandemic global yang terus berlangsung maka pelaku bisnis perlu memperhatikan etika bisnis yang wajib diterapkan demi keberlangsungan bisnisnya.

Etika bisnis melibatkan perilaku baik atau buruk yang terjadi dalam lingkup bisnis. Di dalam etika bisnis keuntungan bukanlah satu-satunya tujuan utamanya, oleh karena itu etika memiliki peranan yang sangat penting di dalam dunia bisnis.

Dengan menjalankan etika bisnis yang baik maka sebuah perusahaan bisa memperoleh kepercayaan dan nilai yang lebih dari masyarakat.

Etika bisnis sangat penting demi mempertahankan suatu bisnis, karena etika bisnis menjadi salah satu unsur inti untuk melihat apakah perusahaan sudah mencapai tujuannya dengan cara yang benar atau salah dalam bisnisnya.

Dimasa pandemic ini peran etika bisnis sangat penting yang mana etika bisnis bertujuan untuk membantu seorang pengusaha dalam berbisnis dan membantu mendorong kesadaran moral bagi para pebisnis sehingga bisnis yang dijalankan merupakan bisnis yang sehat tanpa adanya pelanggaran etika dan tindakan yang tidak etis terhadap sesama rekan bisnis saat menjalin kerjasama.

Etika bisnis sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, karena setidaknya dengan adanya etika akan mampu memberikan pedoman bagi pihak pelaku bisnis.

Dengan diterapkannya etika bisnis akan memberikan gambaran bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yg memperoleh keuntungan finansial saja melainkan bisnis yang bergerak secara sehat dan etis yang membawa serta tanggung jawab dan pastinya memelihara hubungan yang baik antar pelaku bisnis yang terlibat dalam kerjasama.

Dalam etika bisnis pelaku bisnis bisnis tidak dapat dipisahkan dari prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang dianut. Adapun beberapa prinsip yang harus dipatuhi oleh pelaku bisnis (Sonny Keraf 1998) yaitu:

1. Prinsip otonomi yaitu kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.
2. Prinsip kejujuran dimana bisnis tidak akan bertahan lama apabila tidak berlandaskan kejujuran karena kejujuran merupak kunci keberhasilan suatu bisnis
3. Prinsip keadilan dimana tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing yang berarti tidak ada yang boleh dirugikan haknya
4. Prinisp saling menguntungkan agar semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif
5. Prinsip integritas moral dimana pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis nya harus menjaga nama baik perusahaan agar tetap dipercaya dan merupakan perusahaan terbaik.
Penulis : Aisyah Ariani Daulay & Nadya Adilla
Pembimbing : Bapak Agustiawan, SE., M.Sc., Ak
(Penulis merupakan Mahasiswi Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau)

 

Admin : Dita Risky Saputri Hasibuan,SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.