Perbaikan Sipon Zal Kanan Irigasi Batang Gadis ” Korupsi ” Gaya Baru, Kadis PUPR Madina ” Bungkam “

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah elemen masyarakat, termasuk petani di 15 Desa Kec.Panyabungan, mengharapkan Komisi 2 dan 3 DPRD Mandailing Natal, memanggil Kadis PUPR dan Bupati, untuk Klarifikasi sekitar perbaikan Sipon Zal Kanan Irigasi Batang Gadis yang menelan biaya ratusan juta rupiah.

Kenapa rupanya..? Kerusakan Sipon mendapat protes dari Petani di 15 Desa, oleh Bupati menanggapi dan memerintahkan Kadis PUPR Madina Elpi Yanti.Harahap untuk memperbaiki dengan APBD Mandailing Natal sekitar Rp 400 juta lebih.

” Perbaikan Sipon tersebut hanya sebentar berfungsi dan pihak BWS Sumut II sekarang ini memperbaikinya lagi,” Ujar Petani Saba Palas Panyabungan Nasution,Senin(4/3) di Kantor DPRD Mandailing Natal.

Kata Nasution, waktu Bupati dan Kadis PUPR Madina meninjau perbaikan Sipon beberapa waktu lalu, mengaku biaya perbaikan siphon Irigasi tersebut diambil dari dana rutin tak terduga di Poskan di Dinas PUPR Madina.

Waktu itu, kata Bupati, irigasi siphon ini bukan tanggung jawab Pemda Madina, namun karena sudah dua tahunan warga tak bisa bersawah karena tidak adanya air, Pemda mengusulkan perbaikan irigasi ini ke Balai Wilayah Sungai ( BWS) Sumut II.

Kata dia, setelah mendapat izin dari BWS Sumut II, Pemda Madina langsung alokasikan anggaran perbaikannya, karena irigasi ini menyangkut mata pencaharian masyarakat di berbagai desa di Kecamatan Panyabungan.

Sesuai perencanaan, anggaran perbaikan siphon irigasi yang patah kurang lebih 15 meter ini senilai 345 juta kata Bupati.

” ini akan dimaksimalkan sampai air irigasi kembali mengairi persawahan warga,” ujar Bupati.

Selain itu katanya, Pemda juga akan alokasikan anggaran pembersihan irigasi yang selama ini teraumbat karena sampah.

Sedangkan Petani Sipolu -polu, sambil megang Pacul, mengaku heran dengan sistem perbaikan Sipon, airnya hanya sebentar mengalur.

” Nasitutu museng tong, lobi Rp 300 juta pature na, aek pe tongkin do nangalir, intong nagosoi, ujarnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Madina Elpi Yanti.Harahap yg dikonfirmasi melalui Kabid Informasi dan Pemberitaan Diskomimfo Madina Sobaruddin Nasution, belum mendapat jawaban, alias Bungkam soal perbaikan Sipon( Red)

admin : iskandar hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.