Persaingan masuk SMA dan SMK di Kota P. Sidimpuan Sangat Ketat, SMA Negeri 1 masih Pavorit

Persaingan masuk ke SMA dan SMK di Kota Padangsidimpuan, khususnya sekolah yang dianggap pavorit akan sangat ketat

PADANG SIDIMPUAN (Malintangpos Online): Persaingan masuk ke SMA dan SMK di Kota Padangsidimpuan, khususnya sekolah yang dianggap pavorit akan sangat ketat. Sekolah tersebut diantaranya SMA Negeri1, SMA Negeri 2, SMK 1 dan MAN 2. Pelajar tamatan  Sekolah Menengah Pertama (SMP) meski pandai pandai melihat peluang kepada sekolah yang di tuju, agar tidak salah tempat. Hal ini dikatakan pemerhati pendidikan kota P.Sidimpuan Nasruddin Nasution yang biasa di sapa Anas pada Rabu (30/5) saat memoniotor perolehan nilai Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK) Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tahun ajaran 2018 di beberapa sekolah SMP Negeri Kota P.Sidimpuan. Dijelaskannya bahwa rerata nilai UNBK dan UNKP kota P.Sidimpuan masih sangat bersaing dengan daerah lain di Sumatera Utara.

Ia mengingatkan anak anak yang akan masuk SMA/SMK termasuk orang tua agar lebih teliti dalam memilih sekolah yang akan di masuki. “ jangan asal masuk, karena sekarang memakai sistim on line, maka di monitoring  dulu perkembangan di tiap sekolah baru sesuaikan dengan perolehan nilai hasil ujian atau SKHUN. Peserta pendaftar dari luar kota Sidimpuan juga mesti di perhitungkan apalagi sekolah yang belum UNBK” ujar Anas.
Dijelaskannya bahwa yang menjadi perhatian adalah nilai SKHUN milik si anak, kemudian daya tampung sekolah serta nilai terrendah yang sudah mendaftar ke sekolah tersebut. Jangan memaksakan diri untuk kalau kira kira tidak mampu bersaing, karna masih ada pilihan sekolah negeri lainnya, tegas Anas.
Dari monitoring hasil UNBK yang dilakukannya terhadap beberapa sekolah SMP Negeri P.Sidimpuan, ia menunjukkan beberapa data yang di peroleh antara lain, siwa SMP Negeri 1 memiliki nilai tertinggi 380. Disekolah ini ada 75 siswa yang memiliki nilai diatas 300, sebanyak 29 orang dengan nilai di atas 290 dan 30 orang dengan nilai di atas 280. SMP Negeri 2 ada beberapa siswa yang nilainya di atas 300 dengan nilai tertinggi 355. SMP Negeri 3 terdapat 17 siswa dengan nilai di atas 300, SMP Negeri 7 nilai tertinggi 306, SMP Negeri 10 Nilai tertinggi 285, SMP negeri 6 Nilai Tertinggi 274,5. Sementara itu Pihak SMP Negeri 4 enggan memberi nilai sehingga tidak terkonfirmasi.
Anas juga memprediksi bahwa beberapa sekolah Swasta seperti Sari Putra, Nurul Ilmi, Darul Hasan begitu juga Madrasah Tsanawiyah serta siswa dari luar Kota Sidimpuan akan memiliki nilai yang konpetitip. Untuk itu disarankannya agar pandai pandai memilih sekolah yang akan di masuki serta memahami aturan yang berlaku. “ kita berharap agar orang tua terjun langsung ke sekolah yang di inginkan si anak, selain dapat memahami persyaratan masuk sekolah, juga bisa melihat alternatif lain. Namun yang utama sebenarnya adalah kemampuan anak dalam bersekolah, bukan karena salah satu sekolah tersebut jadi Pavorit” ucapnya mengakhiri. (ANS)
Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.