Persiapan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 KPU Palas gelar Bimtek serta Rakor

Peserta saat mengikuti Bimtek dan Rakor di sekretariat KPU Jalan listrik Sibuhuan

SIBUHUAN (Malintangpos Online): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar Biimbingan Teknis (Bimtek) Pemilihan Umum Pilkada serentak tahun 2018 serta Rapat Kordinasi (Rakor) Menyamakan Pemahaman penyelenggara terhadap proses seluruh tahapan pemilihan Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, jum’at (22/12/17) di kantor sekretariat KPU Palas jalan listrik Sibuhuan Kecamatan Barumun.

Dalam sambutannya, Ketua KPU diwakili Komisioner KPU Divisi Ligistik Rahmat Effendi Siregar SS mengatakan Pemilu yang kredibel dihasilkan oleh penyelenggara Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. “Ini harus ditekankan agar persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan Bimtek dan rakor ini bermanfaat dan membuat Pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik,”tegas Rahmat.

Hal senada juga dikatakan Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan MSP juga menekankan untuk melaksanakan seluruh tahapan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan sekecil apapun. “ Jangan ada pelanggaran dan pemihakan kepada pasangan calon,” tegas Amran.

Misalnya di dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara, penyelenggara wajib menghindari potensi penyimpangan yang berakibat berubahnya hasil perolehan suara di luar ketentuan serta proses pemungutan dan penghitungan suara harus diselenggarakan secara transparan, tepat waktu dan melibatkan pihak-pihak lain sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Di dalam pencalonan juga, penyelenggara harus paham benar yang dimaksud dengan syarat pencalonan dan syarat calon. Proses pencalonan terutama saat melakukan verifikasi juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan jadwal yang sudah ditetapkan, serta pelaksanaan pemutakhiran data harus terus dilaksanakan” kata Amran.

Pantauan Malintangpos Online, dalam kegiatan Bimtek dan Rakor Dialog dan diskusi  berjalan lancar, profesional dan penuh pertanyaan yang membangun antara pihak KPU dan peserta.

Hadir dalam bimtek antara lain Komisioner KPU, Sekretaris KPU, Disdukcapil, Camat se-Palas, Media centre KPU, Polsek Barumun.(AH).

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.