Persoalan ” Sampah ” Pemda Mandailing Natal Belum Mampu Mengatasinya

Tumpukan Sampah di Lampu Merah Panyabungan II/ Sri Aida Lubis.

KEMUNGKINAN Kita masyarakat Kota Panyabungan hingga menjelang Ramdhan 1442 H / Tahun 2021 ” Belum Ada Kesadaran ”  untuk membuang Sampah dengan benar,sehingga Pemerintah Mandailing Natal C/Q.Dinas Lingkungan Hidup(DLH) setiap harinya kewalahan mengatasinya.

Lihat saja setiap hari disimpang Jalan ABRI Kelurahan Panyabungan II Kec.Panyabungan/ dibawah Tiang Lampu Merah pasti tumpukan Sampah ” Manyomak ” dan membuat geleng kepala bagi warga yang sadar betapa pentingnya kebersihan itu. ” Wau..Sadarlah yang buang sampah sembarangan ”

Keadaan yang sama juga di Simpang Jalan Pemuda /Pasar Jonjong juga di Kelurahan Panyabungan II, Simpang Jalan Bermula  Pinggir Jalan Samping Galon Kelurahan Sipolu – polu ada dua titik, baunya ia ampunnn, sangat terasa kalau kita lewat.

Belum lagi disepanjang Jalan Lintas Timur mulai dari Kelurahan Pidoli Dolok – RM.Ladang Sari di Desa Gunungtua Panggorengan, jalan Merdeka Kel.Kayujati,Jalan Willem Iskander hingga Dalan Lidang disejumlah titik tumpukan sampah setiap harinya.

Siapa yang salah..? Ia kita, masyarakat yang sesuka hatinya buang sampah, kalau kita pikirkan secara jujur ” Kenapa warga buang sampah sembarangan ” atau jangan – jangan mental sebagian warga kita,khususnya yang sembarangan buang sampah sudah mempunyai mental sampah, bisa jadi.

Salahkah Pemerintah..? Salah juga, sebab di APBD Mandailing Natal setiap tahun ada tercantum anggaran untuk Persampahan, tentu tujuannya untuk mengurus Sampahlah anggaran yang dicantumkan di APBD Kabupaten Mandailing Natal.

Sayangnya, jika ada yang menyoroti soal SAMPAH, justuru Pemerintah lebih fokus menyalahkan warga yang menyoroti, bukan mencari Solusi( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.