PETI di DAS Batang Gadis Siapa Bekingnya..?

JAKARTA(Malintangpos Online): ” PETI di DAS Batang Gadis Kec.Kotanopan, Siapa Bekingnya, Kenapa Nggak Bisa di Stop,” Ujar Aktivis Hukum asal Mandailing Natal di Jakarta M.Gazali Lubis.SH.MH Kepada Wartawan Media PT.Malintang Pos Group Biro Jakarta,Jumat malam(24/11) usai menerima informasi Kegiatan PETI diwilayah Mandailing Natal.

Menurut M.Gazali, aktivitas Tambang Emas diwilayah Kecamatan Batang Natal, yang dulu dimainkan Oknum Ketua Ormas bisa di Stop oleh Kepolisian dan oknum tersebut sempat mendekam di Penjara.

Jadi heran, Aktivitas PETI di DAS Batang Gadis Kecamatan Kotanopan, bisa Melenggang kangkung, alias tidak ada tindakan dari Polisi,ada apa…?

Padahal, hampir setiap hari Berita soal PETI di DAS Batang Gadis Kotanopan, tayang disejumlah Media Online.

” Kalau Tidak ada yg beking, Mustahil mereka ( Penambang Red) berani menggunakan Alat Berat untuk Menambang Emas, apalagi daerah itu dekat dengan perkampungan,” ujarnya.

ESDM Sumut Segera Chek

Maraknya aktifitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di bantaran sungai batang gadis Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dinilai semakin meresahkan.

Selain dinilai dapat merusak ekosistem air sungai yang dipergunakan Masak, Cuci Kakus (MCK) oleh warga, disinyalir akibat aktifitas PETI yang menggunakan alat berat Excavator ini juga dapat merusak aliran persawahan.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Mulyadi ketika di konfirmasi wartawan via WhatsApp, Jum’at (24/11/2023) terkait aktifitas ilegal ini menyatakan akan segera menurunkan tim untuk melakukan check lapangan.

“Thanks infonya, tentunya ini akan menjadi atensi dan bersama tim akan dilakukan check lapangan. Apabila nanti ditemukan dan tidak ada izin, kita akan koordinasi ke Aparat Penegak Hukum (APH) sesuai dengan tipikal dan kewenangannya.”tegasnya.

Saat ini diketahui sebanyak kurang lebih 6 atau 7 alat berat Excavator aktif dan bebas beroperasi melakukan PETI di Kecamatan Kotanopan tanpa tersentuh hukum dan kesannya kebal hukum.

Dan bahkan ada salah Satu penambang infonya mengaku punya Family yang dekat dengan salah seorang tokoh politik besar di Jakarta. Sehingga dirinya berani seenaknya dan secara terang-terangnya melakukan aktifitas PETI di sungai batang gadis Kecamatan Kotanopan kabupaten Madina.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan Kapoldasu, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi melalui Dirkrimsus, Kombes Pol Teddy J Marbun dan Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi menyatakan akan menindaklanjuti dan menyelidiki terkait aktifitas PETI di Kecamatan Kotanopan Kabupaten Madina. (Aris/Izal/Rel)

 

admin : Iskandar Hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.