Pjs.Bupati Madina Tantang Petani Tanam Bawang dan Cabe

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Pjs.Bupati Madina Ir.H.Dahler Lubis, menantang seluruh petani untuk menjadikan daerah Mandailing Natal, sebagai sentera produksi Bawang Merah dan Cabe sebagai upaya menghadapi ketersediaan bahan pangan di masa Covid -19 sekarang ini.

” Saya menantang seluruh petani bawang yang ada di Mandailing Natal agae daerah kita bisa membantu ketersediaan bawang di Sumatera Utara, ” Ujar Pjs.Bupati Madina Ir.H.Dahler Lubis, Rabu pagi(18/11) di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan di Desa Darus Salam saat acara penyerahan secara simbolis bantuan bibit bawang merah dan cabe.

Kata Dahler, Sumut membutuhkan 46 Ton bawang satu bulan, yang tersahuti baru 41 %, tentu jika kita serius mau menutupi bawang merah, masih kurang sekitar 59 % dari 46 ton/bulan.

Karena itu, bantuan 10 Ton bibit bawang merah ini akan menghasilkan sekitar 80-100 Ton kurun waktu dua(2) bulan mendatang, jika petani benar -benar serius bertanam bawang merah maupun cabe.

” Saya tantang petani, jangan Kelompok Tani sudah dibantu 1 Ton lalu ditanam hanya 300-500 Kg dan sisanya di lego, itu kita rugi, saya akan pantau terus walaupun saya tidak Pjs.Bupati lagi, ” ujar Ir.H.Dahler Lubis.

Untuk kita ketahui bersama, kalau kelompok tani Runding satu hari saya menjadi Pjs. Sudah ditanam dan tanggal 4-5 Desember akan kita panen, kita petani lihat kesana nanti, ” Ujar Dahler yang mendapat aplus dari petani yang hadir.

Sementara itu, Kadis Pertanian Madina Siar Nasution dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Gubsu dan Pjs. Bupati yang telah memperhatikan petani Mandailing Natal.

” Saya sebagai Kadis Pertanian, mengucapkan terima kasih kepada Gubsu dan Pjs. Bupati atas semua yang dibantunya petani, ” Ujar Kadis Pertanian Madina Siar Nasution(Dita/isk)

Admin : iskandar hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.