Produk Makanan Dari Sumbar Kuasai Pasar di Kab. Madina(1)

Kipang Produk SumbarPEMERINTAH Kabupaten Mandailing Natal, sudah selayaknya segera turun langsung ke tengah – tengah masyarakat untuk melihat langsung berbagai jenis makanan ringan di pasar maupun Kedai Kopi, karena produk makanan yang beredar sekarang ini mayoritas produksi UKM dari Sumatera Barat.

Yang benar..?  Tadi siang di beberapa Kedai Kopi dan Kios penjual makanan ringan,  baik itu kerupuk kulit, Kipang, incor – incor, Kopi, beteng – beteng, roti, kue – kue, semua ber merek dari Provinsi Sumatera Barat yang diperjual belikan oleh pemilik kios maupun kedai kopi.

Kok Mandailing Natal kecolongan..?  Bisa jadi seperti yang disampaikan oleh Armansyah Pulungan, bahwa untuk mengurus PIRT di daerah kita berliku – liku dan berbelit – belit, kalau di Sumatera Barat UKM mengurus PIRT dijemput langsung oleh pemerintah yang ditugasi mengurus PIRT.

Bagaimana mau maju dan berkembang Industri Rumah Tangga kita, untuk mengurus PIRT telah susah, belum lagi mendapatkan modal usaha untuk mengolah produk industri rumah tangga yang sangat banyak di daerah kita.

Contoh, Kipang saja lebih banyak produk Industri dari Provinsi Sumatera Barat beredar di daerah kita, padahal Kipang Panyabungan, sejak zaman dulu sudah terkenal, tapi sekarang sudah terjajah produksi Industri Rumah Tangga dari Sumatera Barat ( Bersambung)

 

Admin : iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.