Program Peduli PLN Rayon Sibuhuan Tahun 2016, Pasang 100 Unit Listrik Gratis dan Bangun 50 Unit MCK

Saiful Harahap, warga Desa Binanga, Kecamatan Baumun Tengah, Kabupaten Palas, ditemani isteri usai menerima bantuan pemasangan listrik gratis kapasitas daya 450 watt dari PT. PLN Rayon Sibuhuan.

PALAS (Malintang Pos Online): ” Menindak lanjuti program elektriksasi untuk kategori rumah tangga miskin Kementerian BUMN RI, Manajemen PT. PLN Rayon Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan kegiatan program peduli dalam bentuk pemasangan 100 unit listrik bagi keluarga miskin dan pembangunan 50 unit sarana MCK yang tersebar di Kabupaten Palas.

Didampingi Supervisor Administrasi/KTU, Dio Putera Hasian, Manajer PT. PLN Rayon Sibuhuan, Abdul Rahman Tambunan, kepada wartawan, Kamis (29/12) menyebutkan, pemasangan listrik gratis dengan kapasitas daya 450 watt ini, khusus diperuntukkan bagi keluarga miskin, yang domisili tempat tinggalnya dekat dengan jaringan listrik PLN.

“Jadi, kita berikan pemasangan instalasi listrik PLN gratis dengan daya kwh meter prabayar 450 watt, kepada keluarga miskin yang datanya diambil dari data base terpadu TNP2K pusat. Jadi, tidak ada istilah nepotisme di program ini,” terangnya.”Lokasi rumah warga penerima listrik gratis ini, juga yang tidak memerlukan perluasan jaringan dan tidak perlu menambah tiang listrik untuk JTM/JTR, artinya rumah warga yang dekat dengan jaringan listrik,” ujarnya.

Kemudian, tambahnya, ketentuan di listrik gratis ini, pihak PLN memasang 3 buah bola lampu dan 1 colokan di setiap rumah warga. “Saat ini, seluruh rumah tangga warga masyarakat penerima listrik gratis, sudah menyala semuanya,” jelasnya.

Untuk sebaran warga penerima listrik gratis ini, lanjutnya, dibagi berdasarkan kantor jaga (KJ) PLN, masing-masing di KJ Ujung Batu ada 33 warga, KJ Sibuhuan 45 warga, KJ Binanga 21 warga dan KJ Siundol 1 orang warga.

Selain pemasangan instalasi listrik, pada program PLN Peduli tahun 2016 ini, pihak PLN Rayon Sibuhuan juga melakukan pengerjaan pembangunan sebanyak 50 unit sarana MCK yang tersebar di puluhan desa se-Kabupaten Palas.

“Untuk pembangunan sarana MCK, sebaran pembangunannya dilakukan berdasarkan kecamatan, yakni di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) sebanyak 13 unit, Lubuk Barumun 14 unit, Sosopan 10 unit, Barumun Tengah 10 unit dan di Kecamatan Huristak sebanyak 3 unit,” urainya.

Jumlah total anggaran yang dikucurkan untuk pembuatan 50 unit MCK ini, terangnya, sebanyak 500 juta dengan perincian setiap unit MCKukuran 2×3 meter yang dibuat menjadi 2 pintu ini senilai Rp. 10.000.000/unitnya. “Beberapa unit MCK sudah selesai dikerjakan dan beberapa unit sedang tahap penyelesaian,” terangnya.

“Kita berharap program PLN Peduli ini bisa berkesinambungan setiap tahunnya, sebagai wujud kepedulian PT. PLN kepada masyarakat. Kami dari jajaran manajemen PT. PLN Rayon Sibuhuan tetap menghimbau kepada masyarakat di daerah Palas, agar tertib membayar rekening listrik dan melunasi tunggakan, sebelum tunggakan membengkak dan dilakukan pemutusan,” pungkasnya.

Admin : Dina Sukandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.