Prolehan Jasa Primkop Kartika KS Tahun 2016 Sebesar Rp 217.731.912

Kasrem 023 KS Letkol Arm Jonni Marpaung mewakili Danrem ketika memberikan arahan dan bimbingan

SIBOLGA (Malintangpos Online) : Prolehan jasa Primkop Kartika Kawal Samudera pada tahun 2016 yang lalu sebesar Rp 217.731.912, hal tersebut berdasarkan laporan pengurus Primkop Kartika Kawal Samudera dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 43 yang dilaksanakan di Aula Makorem 023/KS, Selasa (28/2).

Acara RAT sekaligus tutup buku tahun 2016 tersebut juga dihadiri oleh Darem 023/KS Kolonel Inf Donni Hutabarat yang  diwakili oleh Kasrem 023/KS Letkol Arm Jonni Marpaung Sip.

Dalam acara RAT tersebut pengurus Primkop Kartika Kawal Samudera tersebut juga menyampaikan bahwa jumlah anggota sebanyak 470 orang sirkulasi aktiva lancar Rp 1.479.578.220. dengan perolehan jasa tahun 2016 berjumlah Rp 217.731.912. dengan perolehan SHU tahun 2016 sebesar Rp 179.426.486, sementara total aset koperasi sebesar Rp 1.610.224.414.

Lebih lanjut pengurus Primkop Kartika Kawal Samudera mengatakan bahwa analisa likwiditasi sebesar 20,3 %, solvabilitas 17,1 %, rentabilitas 0,010 %, rentabilitas modal sendiri 0,011 %.

RAT tersebut juga turut hadir para Kasi Korem, Kepala Dinas Jawatan , Kepala Dekopindo tingkat II Kota Sibolga Abdul Hamid Batubara SE, Persit, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 023/KS, dimana thema dalam RAT tersebut adalah “Dengan semangat kebersamaan dan kemandirian kita tingkatkan pengabdian insan koperasi dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarganya”.

Kaprimkop kartika kawal samudera Kapt Arm M. Idris dalam sambutannya mengatakan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primkop kartika kawal samudera merupakan kegiatan yang cukup penting, karena rapat ini adalah rapat lembaga koperasi untuk menetapkan rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja serta mengesahkan laporan pertanggung jawaban pengurus primkop kartika kawal samudera.

“Rapat anggota Tahunan ini juga merupakan suatu momentum yang tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan rencana kerja pengurus Primkop Kartika Kawal Samudera. Sehingga Dengan adanya RAT ini dapat menghasilkan keputusan keputusan yang terbaik dan program kerja yang dapat terlaksana Tahun mendatang,”  ujar M. Idris.

Danrem 023/KS  Kol Inf Donni Hutabarat yang  diwakili oleh Kasrem 023/KS Letkol Arm Jonni Marpaung Sip dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kemajuan dan perkembangan Koperasi sudah cukup bagus namun harus melakukan suatu invasi untuk usaha lain.

“RAT adalah pertemuan tertinggi bagi anggota koperasi, sehingga anggota Koperasi bisa menyampaikan saran dan pendapat untuk kemajuan Koperasi dan Maju atau tidaknya suatu koperasi tergantung bagaimana anggota Koperasi memberikan konstribusi terhadap Koperasi itu sendiri,” ujar Jonni Marpaung.

Lebih lanjut Kasrem mengatakan, selain itu, primer koperasi kartika kawal samudera juga merupakan organisasi yang berbadan hukum, sebagai subyek hukum dibenarkan untuk melakukan kegiatan diberbagai bidang usaha, yang diharapkan mampu berkompetisi dan berdampingan dengan pelaku ekonomi lainnya, baik bumn maupun swasta lainnya.

“Untuk itu, kepada para pengurus agar mengembangkan dan meningkatkan naluri bisnis dan senantiasa mampu menangkap peluang pasar yang ada, sehingga menghasilkan profit yang optimal,” harap Kasrem.

Selanjutnya dalam pengembangan dan keanekaragaman jenis usaha, hendaknya terus diupayakan melalui berbagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan segenap mitra usaha. hal ini dapat dilaksanakan secara profesional, apabila primer koperasi kartika kawal samudera  mampu merencanakan, mengorganisir dan melaksanakan segala kegiatan serta dapat melakukan pengawasan secara intensif.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Koperasi salah satu pilar perekonomian, harus mampu berperan aktif dalam menunjang kesejahteraan prajurit beserta keluarganya, sehingga diharapkan dengan semangat pengabdian disertai rasa memiliki, rasa mencintai dan rasa bertanggung jawab, premier koperasi kartika kawal samudera mampu meningkatkan perannya dan cermat serta jeli melihat setiap peluang usaha yang ada, agar pada tahun 2017 usaha primer koperasi kartika kawal samudera akan lebih berhasil,” ajak Kasrem.

Dalam kesempatan tersebut pula, Kepala dekopindo tingkat II Kota sibolga Abdul Hamid Batubara SE, mengatakan koperasi adalah salah satu organisasi perekonomian rakyat sesuai dengan perumusan pasal 33 UUD 1945.

“Rapat anggota Tahunan ( RAT ) pada lazimnya di organisasi koperasi merupakan amanah Undang -Undang No 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian serta anggaran dasar primer,” jelasnya. (Pul)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.