Proyek Air Bersih Dari Kementerian ESDM di Desa Adianjior ” Mubazir “

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): ” Informasi Buat Bupati/Wakil Bupati ” Proyek Air Bersih di Desa Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, sejak selesai dibangun sampai 12 Oktober 2021 ” Mubazir ” atau tidak pernah berfungsi sama sekali.

Informasi di peroleh Wartawan di Desa Adianjior dari warga, Selasa(12/10) bahwa proyek tersebut informasi dari pusat yaitu Kementerian ESDM dan dikelola oleh BPBD Provinsi Sumut.

Tetapi, karena proyek Tahun 2020 tersebut sejak awal pekerjaan tidak diketahui warga siapa yang mengerjakannya, karena tidak ada Plang Proyek, sehingga masyarakat tidak mengetahui secara pasti siapa yg mengeejakan dan berapa biayanya.

Tetapi, pada Tong Penampungan Air Bersih teetulis ” Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Badan Geologi Tahun 2020 di Desa Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara ” 

Ketua LSM Merpati Putih Tabagsel Khairunnusyah, kepada Wartawan,Selasa malam (12/10) mengutarakan biasanya  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral cq. Badan Geologi menyerahkan bantuan sarana air bersih melalui pemboran air tanah untuk masyarakat pedesaan didaerah sulit air,

Kata dia, biasanya Biaya pembangunan sarana air bersih tersebut diperoleh melalui dana APBN.

Kenapa..? Sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 27 tahun 2004, tentang Sumber Daya Air, Negara wajib memenuhi hak-hak rakyat akan tersedianya air bersih.

” Badan Geologi, Kementerian ESDM menyerahkan sarana air bersih kepada masyarakat sampai bisa di fungsikan, bukan seperti Sarana Air Bersih di Desa Adianjior,” katanya.

Karena itu, mumpung belum banyak kerusakan, ada baiknya Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal,melihat secara langsung, karena tempatnya tidak jauh dari Kantor Bupati.

” Jangan setelah banyak kerusakan, baru dilihat, ” ujarnya (Nanda/Isk)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.