PT.Sorikmas Mining Dimata Masyarakat Mandailing Natal (1)

Penulis Iskandar Hasibuan,SE

KEHADIRAN Ataupun Keberadaan PT.Sorikmas Mining diwilayah Mandailing Natal,Sumatera Utara sejak menerima Kontrak Karya ( KK ) dari Pemerintah Republik Indonesia, sekitar tahun 2004 yang lalu ” Belum ” menguntungkan bagi masyarakat sampai sekarang.

Walaupun begitu, untuk melihat kenyataannya disekitar Lingkar Tambang,  Redaksi Malintang Pos Group dipimpin langsung oleh Iskandar Hasibuan,SE sejak Tanggal 01 November 2021 yang lewat, mencoba melakukan Dialog, bincang – Bincang dengan warga yang ada dilingkar  Kontrak Karya PT.Sorikmas Mining dan akan membuat tulisan secara bersambung sebanyak 5 Edisi.

Nama PT.Sorikmas Mining ditengah -tengah masyarakat Mandailing Natal, sudah tak asing lagi, karena Perusahaan Tambang Emas tersebut ada Plus dan Minus nya bagi masyarakat disebabkan hingga sekarang ini boleh dikatakan secara ” Jelas “ belum mampu merubah kondisi ekonomi masyarakatnya disekitar Tambang Emas tersebut, karena memang belum beroperasi secara utuh seperti Tambang Emas Martabe di Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kenapa begitu..? Inilah yang membuat masyarakat ” HERAN “ dan betanya -tanya sampai sekarang, sebab kalau dihitung tahunnya sejak hadirnya perusahaan PT.SORIKMAS MINING di Mandailing Natal,sudah lama sekali,serta banyak muncul persoalan – persoalan sampai sekarang ini.

Catatan Redaksi Malintang Pos Group, sejak awal memang masyarakat ” Sudah Membuat Perlawanan ” tetapi selalu gagal perlawanan masyarakat dan hingga sekarang juga Perlawanan dari warga sekitar masih sering muncul disebabkan keuntungan Atas kehadiran PT.SM masih menjadi ” Dilema ” dengan Menagemen yang fokus di Jakarta itu, memang di Mandailing Natal ada juga Kantornya.( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.