R.APBD 2023 Rp Rp 1.691.459.358.567,- Disampaikan Wakil Bupati Mandailing Natal

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Bupati diwakili oleh Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, Rabu(23/11) Menyampaikan Nota Pengantar Rancangan APBD Tahun 2023,melalui Paripurna di Gedung DPRD, sebesar Rp 1.691.459.358.567,-

Paripurna RAPBD Madina TA 2023 Langsung dipimpin Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Luhis,SH, juga hadir Wakil Ketua H.Harminsyah Batubara,SH, Wakil Ketua H.Erwin Efendi Nasution dan juga terlihat hadir Kapolres Madina AKBP.HM.Reza Chairul Akbar Siddiq, S.IK.SH.MH, Dandim 0212 TS diwakili Pabung dan Forkofimda, Sekda dan sejumlah OPD dan Camat.

Bupati Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Urammi Nasution, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Mandailing Natal tahun anggaran 2023, adalah untuk mewujudkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan tujuan pembangunan daerah dan tujuan bernegara .

Rancangan APBD dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam penentuan peraturan perundang-undangan.

Penyusunan rencana APBD ini berpedoman kepada kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara tahun 2023

Selanjutnya untuk memudahkan pemahaman kita bersama terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Mandailing Natal tahun anggaran 2003 ini perkenalkan kami menyampaikan hal-hal sifatnya umum dan merupakan substansi materi daripada rancangan peraturan daerah ini.

Kata Bupati, Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 dibagi berdasarkan kelompok pendapatan kelompok belanja dan kelompok pembiayaan.

Anggaran pendapatan daerah pada rancangan APBD tahun anggaran 2023 dirancangkan sebesar Rp. 1.635.517.021.632 (satu triliun enam ratus tiga puluh lima miliar Lima ratus tujuh belas juta dua puluh satu ribu enam ratus tiga puluh dua rupiah) yang bersumber dari :

1. Pendapatan asli daerah sebesar Rp. 113.372.283.040 ( seratus tiga belas milyar tiga ratus tujuh puluh dua juta dus ratus delapan puluh tiga ribu empat puy rupiah )

2. Pendapatan transfer sebesar Rp. 1.505.615.959.812 ( satu triliun lima ratus milyar enam ratus lima belas juta sembilan ratus lima puluh sembilan ribu Delapan Ratus dua belas rupiah)

3. Lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 16.528.778.780 ( enam belas milyar lima ratus dua puluh delapan juta tujuh ratus tujuh puluh delapan ribu tujuh ratus delapan puluh rupiah ) yang bersumber dari pendapatan dana kapitasi JKN pada fktp yaitu sebesar Rp. 16.528.778.780 ( enam belas milyar lima ratus dua puluh delapan juta tujuh puluh delapan ribu tujuh ratus delapan puluh rupiah )

Selanjutnya kami akan menyampaikan rincian belanja daerah sebagaimana telah kita sepakati bersama bahwa tema pembangunan Kabupaten Mandailing Natal tahun anggaran 2023 adalah optimalisasi potensi dan daya saing daerah melalui kolaborasi pembangunan

Guna meningkatkan produktivitas ekonomi hal ini juga sesuai dengan peraturan Bupati Mandailing Natal nomor 52 Tahun 2022 tentang rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Mandailing Natal tahun 2023 ..

Sejalan dengan itu fokus belanja untuk pembangunan Kabupaten Mandailing Natal tahun anggaran 2023 yaitu peningkatan pelayanan dasar dan produktivitas yang mendukung ekonomi masyarakat.

Rancangan APBD yang disampaikan oleh pemerintah daerah ini telah menindaklanjuti hasil pembahasan KUA dan ppas Tahun Anggaran 2023 terhadap beberapa program kegiatan dan sub kegiatan yang harus dialokasikan anggaran pada APBD tahun anggaran 2003.

Anggaran belanja daerah pada rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 direncanakan sebesar Rp . 1.691.459.358.567
( Satu triliyun enam ratus sembilan puluh satu milyar empat ratus lima puy sembilan juta tiga ratus lima delapan ribu lima ratus enam puluh tujuh rupiah),
Yang terdiri dari :

A. operasi sebesar Rp. 1.101.960.147.635 ( satu triliyun seratus satu milyar sembilan ratus enam puluh juta seratus empat puluh tujuh ribu enam ratus tiga puluh lima rupiah )

B. belanja modal sebesar Rp. 210.640. 796.936 ( dua ratus sepuluh milyar enam ratus puluh juta tujuh ratus sembilan puluh enam ribu sembilan ratus tiga puluh enam rupiah)

C. belanja tidak terduga sebesar Rp. 10.000, 000.000 sepuluh milyar rupiah )

D. belanja transfer sebesar Rp. 368.858.41 3.996 (tiga ratus enam puluh delapan milyar delapan ratus lima puluh delapan juta empat ratus tiga belas ribu sembilan ratus sembilan puluh enam rupiah)

Pembiayaan adalah merupakan komponen untuk menutupi selisih antara pendapatan dan belanja daerah dalam satu periode akuntansi dengan kata lain pembiayaan merupakan transaksi keuangan untuk menutupi defisit anggaran atau Untuk memanfaatkan surplus anggaran

Adapun kondisi pembiayaan dalam rancangan APBD Tahun Anggaran 2023 adalah penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 55.942.336.935 ( lima puluh lima milyar sembilan ratus empat puy dua juta tiga ratus tiga puluh enam ribu sembilan ratus tiga puluh lima rupiah) Yang bersumber dari rencana sisa lebih perhitungan tahun anggaran sebelumnya atau Silpa

Penjelasan lebih lanjut mengenai anggaran pendapatan belanja dan pembayaran daerah dapat kita lihat bersama pada nota keuangan dan rancangan peraturan daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023 yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan pengantar keuangan ini yang telah disampaikan kepada DPRD beberapa hari yang lalu

Sebagai penghargaan mudah-mudahan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2023 ini dengan segala keterbatasan ruang fisikal dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kelambatan perekonomian terhadap bahkan berpotensi terhadap revisi ekonomi global maka pemerintah daerah akan melaksanakan pembangunan melalui kolaborasi dengan sebagai stakeholder kolaborasi antara lain diwujudkan dalam bentuk pelibatan dunia usaha untuk berpartisipasi mencapai rencana

Pembangunan yang lebih terkomodir dalam APBD maupun APBdes . Mengupayakan pembayaran iuran kesehatan untuk masyarakat kurang mampu melalui donasi dari perusahaan besar di wilayah kabupaten Mandailing Natal.

Mensinergikan sebagai program kegiatan pemberdayaan dengan taman nasional batang gadis dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah

Peningkatan kualitas belanja dilakukan melalui pengendalian yang lebih efisien dan produktif sehingga dapat mendorong perbaikan kesejahteraan rakyat pada tahun 2023 dengan target pertumbuhan ekonomi 5,71%

Dan inflasi di kisaran 3,10 – 3,5% sehingga diharapkan tingkat pengangguran terbuka maupun ditekan dalam kisaran 5,20 – 4,20 dan angka kemiskinan di kisaran 8,50 – 9,00% serta gizi ratio dalam kisaran 0,232 yang pada akhirnya mampu mendongkrak angka indeks pembangunan manusia dalam rentang 68,94%, ujarnya.

Kabid Persidangan DPRD Madina Mawardi Hasibuan, mengutarakan bahwa Rabu malam(23/11) Pandangan Fraksi – Fraksi terhadap Nota Pengantar RAPBD Tahun 2023 ( Aris/Dita)

Admin : Dita Risky Saputri SKM…

 

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.