Ramadhan Semakin Dekat, Pedagang Pasar Baru Butuh Modal, Sembako Bergerak Naik

Kondisi Pedagang Sembako dan sayur di Pasar baru Panyabungan Sepi.

PASAR BARU(Malintangpos Online):” Yang kami harapkan dan butuhkan sekarang ini adalah modal usaha guna untuk antisifasi harga yang mulai naik,” Ilan salah seorang pedagang cabai di Pasar Baru Panyabungan,Rabu (10-05)

            “ epeng do gari I tapak, manambai modal usaha sebagai pedagang, arana na sepi sajo do pembeli satip hari,” ujar Ilan Pedagang Cabe di Pasar Baru Panyabungan, sembari marah-marah ketika diwawancarai oleh Wartawan Malintangpos Online Dodi Kurniawan Nasution,SH.

            Dengan logat mandailing, ibu pedagang cabe itu berharap agar pemerintah dapat memberikan bantuan modal usaha, sebab jika modal ngak ada lagi, akan membuat harga semakin meroket, apalagi persaingan antara pedagang semakin hebat jika menjelang bulan ramadhan tiba setiap tahunnya.

                Secara terpisah ibu JURIAH (pedagang cabai dan bawang). mengatakan Harga cabai yang sebelumnya Rp.20.000/kg sekarang mencapai Rp.26.000/kg. Harga sembako rata-rata naik Rp.5.000-Rp.6000/kg, kecuali beras dan minyak makan.

Kata ibu itu, Harga beras masih stabil di kisaran Rp.9.500 – Rp.10.000/kg, sedangkan harga minyak goreng menurun, seperti ujar pandi, pedagang sembako di pasar harga minyak goreng sebelumnya Rp.12.000 sekarang menjadi Rp.11.500 per kilo gram.

Pedagang Daging di Pasar Baru Sepi Pembeli.

Yang lucunya, kata Dodi Kurniawan melaporkan ke Redaksi, setiap pedagang Sembako di wawancarai selalu mukanya cembrut dan selidik punya selidik ternyata modal yang ditanamkan untuk membeli Sembako ngak sesuai dengan jual-beli nya, akibatnya pedagang rugi.

            Makanya, langkah yang paling tepat kata Dodi, sebaiknya Pemerintah Mandailing Natal, memberikan pinjaman modal kepada pedagang Sembako, caranya setiap hari diangsur oleh peminjam modal dan memang kalau itu diberikan kepada pedagang juga pemerintah kesulitan.

            “ Kami butuh modal tambahan agar harga-harga sembako stabil, kalau di wawancarai harga semabko tetap naik, sebab ngak ada niat pemerintah untuk memberikan modal usaha,” ujar Dodi Kurniawan Nasution,SH menirukan ucapan pedagang Pasar Baru.(Dodi).

 

 

 

 

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.