Saat Gencar Vaksinasi Covid-19, Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

PADANG(Malintangpos Online): Di tengah gencarnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Dinas Pertanian Kota Padang juga ikut melaksanakan vaksinasi. Dinas tersebut menyasar hewan peliharaan yang nantinya divaksin rabies.

“Kita tengah menggenjot program vaksin rabies bagi hewan peliharaan di bulan Oktober ini,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat saat diseminasi informasi di ruang Media Center milik Diskominfo Padang di Balaikota Padang, Rabu (6/10/2021).

Dinas Pertanian menargetkan sebanyak 2.500 hewan peliharaan di Kota Padang tahun ini telah divaksin rabies. Hingga saat ini, pencapaian vaksinasi hampir 60 persen.

Dinas Pertanian menargetkan Padang bebas rabies sehingga vaksinasi rabies gratis digenjot. Sosialisasi rabies ini difokuskan pada tiga kecamatan di Kota Padang yakni Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Padang Utara dan Kecamatan Padang Barat.

“Kita inginnya sosialisasi di seluruh kecamatan, tapi karena keterbatasan anggaran, sosialisasi baru bisa kita laksanakan di tiga kecamatan tersebut,” tutur Syahrial.

Dalam sosialisasi tersebut, masyarakat diberikan pengetahuan tentang bagaimana mereka bisa mengantisipasi rabies dan menangani seseorang yang digigit hewan rabies.

Saat sosialisasi itu diundang unsur Puskesmas, kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, sehingga jika kasus rabies terjadi di daerah itu, maka masyarakat dapat menanganinya dengan cepat.

Warga yang ingin menyuntik bintang peliharaannya bisa langsung menghubungi pihak kelurahan untuk mengetahui jadwal penyuntikan vaksin.

Selain itu, hewan yang akan vaksin juga dianjurkan berusia di atas satu tahun.

Dia berharap program ini bisa berjalan dengan baik sehingga seluruh hewan peliharaan di Kota Padang bebas dari penyakit rabies.

Syahrial Kamat menambahkan pelayanan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing itu gratis.

Ditambahkannya, setiap hari minggu di GOR H. Agus Salim dilaksanakan vaksinasi rabies gratis tersebut. Masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memvaksin hewan peliharaannya.(Charlie Ch. Legi / Tim)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.