Sahuti keluhan masyarakat, PEMKAB PALAS TURUNKAN ALAT BERAT UNTUK ANTISIPASI BENCANA BANJIR

Alat berat Eskavator saat melakukan pengalihan air sungai dengan melakukan pengorekan dasar sungai Barumun agar air tidak semakin meluap menyerang pemukiman warga di tiga desa

PALAS (Malintangpos Online) : “Menyahuti laporan warga Desa Binabo Jae, Simaninggir serta Binabo Julu, terkait bencana longsor yang telah merambah kesejumlah  kepemukiman yang berada disekitar sungai Barumun . Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas)  melakukan pengorekan dasar sungai barumun dan mengalihkan luapan air kelokasi yang aman dilakukan dengan alat berat Eskavator .

Pengerjaan pengorekan dan pengalihan alur air sungai  barumun yang terus meluap dilaksanakan alat berat Eskavator ditengah  sungai Barumun dan disaksikan sejumlah warga masyarakat Desa Binabo jae dan Binabo Julu . Diperkirakan proses pengerjaan pengalihan air sungai akan berlangsung selama 4 hari kedepan sampai kondisai air yang melaup disekitar perbatasan desa- desa sekitar tidak menjadi ancaman bagi warga lagi .

Plt Sekdakab palas H. Syamsul Anwar Lubis kepada beberapa Wartawan  mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk melakukan penanggulangan bencana baik itu bencana alam yang disebabkan banjir atau longsor . Karena jika tidak segera diantisipasi dengan cepat , akan berdampak kerugian bagi masyarakat maupun daerah . ” Menyikapi laporan masyarakat, adanya kejadian longsor dilokasi sekitar Tempat Pemakaman Umum ( TPU) dan pemukiman warga  ditiga desa yang berada diwilyah kecamatan Barumun. Pemkab Palas langsung tanggap dan memberikan bantuan untuk penanggulangannya agar tidak semakin meluas yang dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat , ” katanya .

Dikatakan, alat berat Eskavator, saat ini sedang bekerja melakukan pengalihan air dilokasi sungai barumun . Hal ini bertujuan, untuk penanggulangan agar bencana banjir dan longsor tidak menjadi ancaman bagi ratusan warga yang bermukim dituga desa sekitar sungai barumun tersebut . Langkah ini sebagai upaya antisipasi terhadap bencana banjir maupun lainnya , ” ungkap H. Syamsul  saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin ( 9/1)

Kepala Desa Binabo Julu Abdul Halim Nasution dan Kepala Desa Binabo Jae Sangkot  mengakui, bahwa pemerintah terus tanggap terhadap laporan warga , dengan mendatangkan alat berat untuk melakukan pengorekan dasar4 sungai dan pengalihan air agar tidak semakinb meluas menyerang kawasan pedesaan disekitarnya . ” Atas nama masyarakat , kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati palas H. Ali Sutan Harahap ( TSO) yang peduli terhadap masyarakatnya , agar terhindari dari ancaman bencana alam yang menjadi kecemasan kami , ketika musim penghujan atau melupanya air sungai barumun , ” terang kedua kepala desa yang ikut serta kelokasi sungai barumun bersama alat berat yang diturunkan pemerintah .

Dikatakan nereka, bantaun alat berat yang diturunkan pemerintah untuk antisipasi bencana banjir, sangat mendukung masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana banjir yang datang secara tiba- tiba tanpa diduga . ” Kita acung jempol kepada Bapak Bupati yang pro rakyat dan peduli rakyatnya . Beginilah hendaknya seorang pemimpin daerah yang selalu tanggap dengan keluh kesah masyarakat , sehingga mesayarakat merasa terlindungi dan mendaoat perhatian dengan baik , ” kata keduanya. (AK)

Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.