Sampah Terus Menggunung(1), Dinas Lingkungan Hidup Madina Harus Proaktif

Sampah di Jlan Lintas Timur Panyabungan II

PENANGANAN  Masalah sampah khususnya di Kota Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, sampai awal Agustus 2018, belum juga mampu Dinas Lingkungan Hidup(DLH) untuk mencari jalan keluarnya, karena itulah masyarakat sangat berharap agar Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution segera turun tangan untuk mengatasinya.

            Kenapa harus Bupati Madina..? berdasarkan dialog dengan berbagai elemen masyarakat di Kota Panyabungan maupun bincang-bincang dengan mahasiswa, bahwa Dinas Lingkungan Hidup(DLH) setelah dilantik beberapa hari yang lalu, banyak masyarakat memperkirakan Kota Panyabungan bakalan semakin jorok dengan banyaknya sampah dipinggir jalan disebabkan persoalan anggaran dan angkutan yang tidak memadai.

            Penduduk Kel.Sipolu-Polu K.Nasution secara khusus kepada Malintangpos Online, Rabu sore(1-8) mengutarakan bahwa armada dan tenaga yang sekarang sepertinya sudah sangat kurang sekali, apalagi angkutan sampah juga harusnya segera ditambah, sebab Panyabungan ini sangat luas dan penduduknya padat, tentu akan menumpuk pula sampah.

            “ Kalaulah tenaga kebersihan yang sekarang dimanfaatkan jelas tidak akan mampu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengatasinya, wajar saja banyak masyarakat yang mengeluh disebabkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang disediakan pemerintah sangat dekat dengan rumah penduduk, wajarlah warga protes,” ujar Nasution sembari berharap agar Dinas Lingkungan Hidup Madina benar-benar bekerja untuk mengatasinya.

            Memang, katanya, beberapa hari lalu mencoba bincang-bincang dengan anggota DPRD dan pihak Pemda Madina sekitar sulitnya penanganan sampah, ternyata anggaran yang disediakan memang sangat jauh dari harapan, karena itu pihak Dinas Lingkungan Hidup wajar tidak mempunyai kemampuan membersihkannya.

            Jalan keluarnya..? nggak mesti uang/anggaran, tetapi kalau Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution langsung turun tangan, maka yakinlah seluruh SKPD, Camat, Lurah/Kades akan gotong royong membersihkan, namun selesai itu kembali sampah menumpuk, jadinya kuncinya adalah anggaran yang cukup, lalu diserahkan kepada Kades/Lurah agar kerja sama dengan masyarakat dimana sampah yang banyak menumpuk, ini pendapat saya.

            “ Seharusnya Kadis Lingkungan Hidup turun tangan langsung, jangan nanti setelah Bupati langsung turun baru Kadis lari-lari membersihkan, ayo kita pemerintah dan masyarakat saling bahu membahu membantu kebersihan Kota Panyabungan,” katanya( Bersambung Besok)

 

 

 

 

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.