Save Polisi, Usut Tuntas Pelaku Pembakar Rumah Wartawan di Tanah Karo

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): ” Save Polisi, Usut Tuntas Pelaku Pembakar Rumah Wartawan di Tanah Karo,” Ujar Pimpinan Umum/Penanggung Jawab  Media PT.Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan,SE.

Demikian hal itu disampaikan Pimpinan Umum/Penanggung Jawab Media PT.Malintang Pos Group Iskandar Hasibuan,SE, Senin( 9/7) di Kota Panyabungan, usai mendapat informasi tentang diamankannya 4 orang terduga Pembakar rumah Wartawan di Tanah Karo.

Kata Iskandar Hasibuan, dari informasi yg diamankan oleh Polisi, apa kepentingan orang – orang tersebut, apakah disuruh atau murni dari mereka. Inilah yg harus dikejar Polisi.

” Saya yakin 4 Terduga pelaku Pembakar rumah Wartawan adalah suruhan dari pihak lain, saya Optimis dengan Kapolda  Sumut akan membongkarnya,” ujar Wartawan Gaek tersebut.

Sebelumnya, Redaksi mendapat informasi dari Group WhatsApp,  bahwa Polda Sumatra Utara Mengamankan Diduga Pelaku Pembakaran Rumah Wartawan di Tanah Karo

Selamat malam Jenderal mohon izin melaporkan Polda Sumatra Utara Telah mengamankan 4 orang yang berkaitan dengan pembakaran rumah wartawan di tanah Karo.

Adapun 2 diantaranya diduga kuat sebagai pelaku pembakaran, yaitu:
1. Yunus Syahputra Tarigan als Selawang, berperan sebagai yang eksekutor pembakaran: menyiram rumah dan menyalakan api dengan menggunakan 2 botol air mineral yang berisi solar dan pertalite.

2. Rudi Apri Sembiring, berperan sebagai pembeli minyak pertalite dan solar, serta sebagai Joki sepeda motor pelaku utama.

Barang bukti yang ditemukan terhadap kedua diduga pelaku:
– hasil analisa labfor terhadap 4 titik sampel abu pada TKP: ditemukan bahwa titik api paling besar berada di sisi rumah pada jalan irian, di mana telah sesuai dengan keterangan terduga pelaku di mana pelaku menyiram sisi rumah di sisi jalan nabung dan paling banyak di sisi jalan irian.
– ⁠Rekaman CCTV: di mana pada pukul 03.12 hingga pukul 03.18 terpantau kedua diduga pelaku berada di sekitar TKP, berangkat dari posko AMPI kemudian kembali ke posko AMPI. Adapun terpantau pelaku (joki) menggunakan selimut berwarna merah muda
– ⁠2 botol aqua berisikan solar yang berada sekitar 30 meter dari TKP. Di mana sudah diuji labfor telah terbukti berisikan solar yang dicampur pertalite
– ⁠alat komunikasi: ditemukan bahwa saat akan melaksanakan eksekusi joki sekitar pukul 02.30 melakukan pemantauan terhadap rumah korban dan melaporkan kepada Bebas Ginting.

Terhadap kedua diduga pelaku dikenai pasal 187 ayat (3) KUHP.

Selain kedua diduga pelaku, turut diamankan 2 orang:
1. Bebas Ginting, (ketua AMPI kabupaten tanah karo) dengan peran merencanakan dan memberikan imbalan kepada kedua pelaku sebesar masing-masing Rp. 1.000.000. Motif dari Bebas Ginting dan keterkaitan pihak lain masih dilakukan pendalaman.
2. ⁠Pedoman alias Domanta, merupakan residivis dari kasus pembakaran yang juga menjadi anggota AMPI, namun saat perencanaan an. Pedoman tidak hadir dan pada saat pelaksanaan yang bersangkutan tertidur.

Terhadap empat orang yang diamankan saat ini berada di Polres Tanah Karo dalam rangka pemeriksaan. Selanjutnya penyidik dalami lebih lanjut mengenai keterlibatan Bebas Ginting dan pihak lain dalam perkara pembakaran rumah wartawan ini.( Red)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.