SDN 071116 Siwalawa Gelar Upacara Dengan Hikmat

TELUKDALAM (Malintangpos Online): Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SD Negeri 071116 Siwalawa, Desa Hilifarokha Lawa, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun 2020 dengan baik dan sangat berhikmat, Senin (17/08).

Kepala UPTD SD Negeri 071116 Siwalawa, Bungalan Sinurat,S.Pd.SD., bertindak selaku inspektur upacara, dan hampir semua guru terlibat sebagai petugas upacara sebagai bentuk semangat dalam memperingati HUT ke-75 kemerdekaan RI serta untuk memberi keteladanan kepada murid sebagai generasi penerus bangsa.

Komandan upacara, Mukadis Sarumaha,S.Pd., perwira upaca, Senyatakan Sarumaha,S.Pd., pembaca teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pdt. Petrus Sarumaha,S.Pd., penggerek bendera, Ringan Hati Sarumaha,S.Pd., Alias Sarumaha,S.Pd., dan Analisman Sarumaha, pemimpin paduan suara, Hasanema Sarumaha,S.Pd., pemimpin doa, Pdt. Thomas Alva Edison Sarumaha,S.Th., dan pembawa acara, Sudiman Bago.

Hasil pantauan Berita di halaman SD Negeri 071116 Siwalawa, seluruh peserta upacara yang terdiri dari guru, staf dan murid sangat itensif mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak untuk menghindari penularan pandemi Covid-19.
Melalui amanat Bungalan Sinurat selaku Kepala UPTD SD Negeri 071116 Siwalawa mengatakan untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia tidak mudah tapi dengan perjuangan para tokoh yang didasari dengan persatuan dan kesatuan sehingga bangsa Indonesia bisa bebas dari penjajah.

“Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus tahun berkenan bukanlah sebuah acara seremonial saja, tetapi lebih cenderung untuk mengenang dan merenungkan perjuangan para pahlawan kita yang telah bersusah payah memperjuangkan kemerdekaan sehingga sampai hari ini kita bisa menikmatinya,” ujar Bungalan Sinurat.

Ia menekankan bahwa salah satu hasil konkrit dari kemerdekaan tersebut adalah kita bisa hadir disini, kita bisa belajar dan kita bisa mengajar tanpa melihat latar belakang, status sosial, jenis kelamin dan lain sebagainya. “Oleh karena itu, saya mengajak anak-anak kami sekalian (murid) teruslah berjuang, tekun belajar dan tingkatkan prestasi untuk mencapai cita-citamu kelak,” harap Sinurat.

Selain itu, Ia juga mengharapkan kepada seluruh tenaga kependidikan (guru dan staf) untuk lebih sungguh-sungguh menjalankan tugas dengan baik dan memberikan pengajaran yang sesuai perkembangan saat ini, sehingga murid SD Negeri 071116 Siwalawa dapat berhasil dan menjadi orang berguna bagi nusa dan bangsa serta menjadi generasi yang baik di masa yang akan datang.

Mengakhiri amanatnya, Kepala UPTD SD Negeri 071116 Siwalawa, Bungalan Sinurat, mengucapkan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 dan salam Merdeka…!!! Merdeka…!!! Merdeka…!!! Seusai upacara dilanjutkan dengan acara ramah-tamah antara kepala sekolah dengan guru dan murid untuk meningkatkan solidaritas yang kuat. (mhs/B.Sore/Isk)

 

Admin : iskandar hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.