Sekda Tapsel Irup Upacara Hari Pendidikan Nasional

Sekda Tapsel

SIPIROK(Malintangpos Online): Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM tampil Sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kompleks Pemerintahan Perkantoran Bupati Tapanuli Selatan Jl. Prof Lafran Pane Sipirok, Rabu (2/5).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Drs. Parulian Nasution MM
mengatakan, ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional, bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.
Untuk itu,  dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 yang mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.  Dia mengajak agar menjadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,”imbuhnya.

Tapsel

Lebih lanjut menteri juga mengatakan agar Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini, juga dijadikan sebagai momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan. Untuk itu dalam waktu yang bersamaan mari kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,”ujar menteri.
Sisi lain,kata menteri  di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BAB I, Pasal 1 ayat 2, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Di sinilah terjadinya titik temu antara
pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, maka akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia, “pungkasnya.

Setelah upacara,  acara dimeriahkan dengan Tari Kreasi dan Seni siswa SD 101204 Sipirok dan lagu solo yang dipersembahkan oleh Anggi Idhan Manalu dari SD No 101406 Purbatua Tantom Angkola yang merupakan pemenang FL2SN yang dilaksanakan di Pesantern Baharuddin beberapa waktu lalu.
Seterusnya dilaksanakan juga penyerahan hadiah perlombaan dengan kategori lomba Pelatihan kompetensi siswa berprestasi Olimpiade olahraga siswa nasional Tingkat SD, Festival lomba seni siswa nasional membaca,  menulis, dan berhitung. Seterusnya penyerahan hadiah lomba Olimpiade sains SMP dan ditutup dengan penyerahan Piagam penghargaan.
Upacara tersebut turut dihadiri Para Asisten,  Staf Ahli, PKK,  Darma Wanita dan Seluruh Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, serta perwakilan siswa SD, SMP,  dan SLTA Tapsel.(HMS).

 

 

 

 

 

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.