Sekitar Air Bersih Batu Madingding, Warga Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Madina

Warga Batu Madingding sedang mengambil air

KEPERLUAN Air memang merupakan sumber kehidupan. Namun, air kotor bukanlah sumber kehidupan yang baik dan layak bagi manusia. Tak hanya bagi manusia, air bersih juga amat dibutuhkan oleh makhluk lain seperti tumbuhan dan hewan untuk melangsungkan hidupnya,sama halnya dengan warga Desa Batu Madinding Kecamatan Batang Natal selama ini mengharapkan air bersih untuk kebutuhan masyarakat.

            Misalnya,Berdasarkan data yang dilansir UNICEF dan WHO, Indonesia adalah satu dari 10 negara yang hampir dua pertiga populasinya tidak mempunyai akses ke sumber air minum bersih.Air yang tidak bersih tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan, namun juga keselamatan dan kualitas hidup anak-anak.
 UNICEF memperkirakan sebanyak 1.400 anak usia di bawah lima tahun meninggal setiap hari karena penyakit diare yang erat kaitannya dengan kurangnya air bersih serta sanitasi dan kebersihan yang memadai. Bahkan setiap tahunnya, Indonesia menderita kerugian sebesar USD 6,3 miliar dikarenakan sanitasi buruk.
Dengan meningkatkan sanitasi, Indonesia berpotensi memberikan kontribusi sebesar USD 4,5 miliar bagi pertumbuhan ekonomi.lalu, apakah air jernih yang sehari-hari kita lihat, minum, dan gunakan sudah bener-benar sehat dan layak? Dari mana kita tahu air tersebut memang bersih.
Mengutip Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, air bersih adalah air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak.
Makanya, ketika Tim Redaksi Skm.Malintang Pos berkunjung ke wilayah Desa Batu Madinding Kec.Batang Natal yang langsung diterima oleh Kepala Desa Batu Madingding dan sejumlah masyarakat sambil berkata “Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Mandailing Natal atas alokasi anggaran pembangunan air bersih” yang telah lama di inginkan oleh masyarakatnya.
Kepala Desa Batu Madingding Irwan Safii Matondang,mengatakan bahwa usulan pembangunan sarana air bersih ke desanya sudah lama di ajukan melalui Musrenbang yang dilakukan selama ini dan tepatnya Tahun 2016 ini keinginan masyarakat terkabul “Alhamdulillah” ternyata Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution memperhatikan kami juga.
Bagaimana dengan pembangunannya..? Alhamdulillah baik sesuai dengan gambar dan semua speck Vivanya juga kami amati apakah pas atau tidak, ternyata pas, buktinya kami telah menikmatinya, kalau 100 % sempurna mana mungkin, yang jelasnya masyarakat ngak ada yang mengeluh dengan pembangunannya dan kontraktornya juga telah kami jumpai pada waktu pembangunannya dan telah kami sampaikan ucapan terima kasih.
“Kalau ada yang mengatakan pembangunan sarana air bersih ngak baik, itu tidak benar, ayo kita lihat bersama-sama kelapangan biar jelas dan tidak menimbulkan fitnah, sebab pihak Dinas PUD Madina setaip saat pada waktu pekerjaannya datang mengawasi, ngak mungkin dibiarkannya, saya juga selalu mengawasinya,” ujar Kades Batu Madingding Irwan Safii Matondang.(Bersambung Minggu Depan ).
Admin : Dina Sukandar Hasibuan A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.