Sekitar Banjir di Jalinnsum Kota Panyabungan ( 1)

Foto infokom

KEHADIRAN Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utammi Nasution saat terjadi Banjir di Jalinsum dari depan Mesjid Al Qurroh Walhuffas Panyabungan – Jembatan Aek Mata Panyabungan, bukanlah hal yang baru dilakukan oleh pejabat selama ini dalam mencari solusi agar kejadian yg sama tidak terulang kembali selama priode Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal Priode 2021/2024 sekarang ini.

Kenapa…? Waktu Drs.H.Dahlan Hasan Nasution Bupati Madina, berkali – kali hujan – hijanan dan basah kuyub dan langsung ikut MEMBERSIHKAN Onggokan Sampah di dalam paret/Drainase  dan sering melibatkan ASN/Honor,TNI, Polri untuk KEBERSIHAN agar banjir tidak terjadi di daerah itu, tapi hingga sekarang masih tetap Terjadi Banjir.

Foto infokom

Sebagai bahan Renungan bagi kita semua masyarakat Kota Panyabungan khususnya, bahwa Drainase itu memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni.

Apalagi  Sistem Drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

Coba kita renungkan bersama apakah Sistem drainase bisa dikatakan baik apabila bisa berhubungan secara sistematik antara satu dengan yang lainnya, yang bertujuan agar air mengalir atau berjalan dengan baik.

Foto Infokom

Kenapa..? pengertiannya, Drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan.

Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju sungai, danau, sumur dan sarana resapan lainnya. Untuk itu, diperlukan sistem drainase yang baik, khususnya di kawasan yang ramai penghuni seperti perumahan maupun perkampungan, serta seperti di Kota Panyabungan.

Foto Infokom

Pertanyaannya, apalah Drainase di sepanjang Jalinsum mulai dari Jembatan Aek Mata – Jembatan Pidoli Kota Panyabungan Sudah baik..?  Jawabnya coba pembaca yang jawab dan hemat penulis Drainase di Kota Panyabungan perlu ” Pengamanganan Khusus ” dari keadaan yamg sudah ada sekarang ini di sepanjang Jalinsum Kota Panyaningan.

Mungkin, kita masih ingat betul , pada waktu Gubsu Edy Rahmayadi dan anggota DPRD Sumut datang berkunjung ke Madina melihat dari dekat keadaan Kota Panyabungan yg tidak pernah tuntas persoalan banjirnya disebabkan Drainsse yg kurang baik.

Karena, sekalipun banyak masyarakat meng apresiasi turunnnya Wakil Bupati Madina Ke lokasi banjir ” Jangan Dulu Menganggap persoalan Selesai ” sebab banyak pejabat sebelumnya juga sudah sering turun seperti itu, walau kita tetap apresiasi dengan sikap pejabat kita.

Artinya, kita berharap dari Bupati/Wakil Bupati kita ” Turun Kebijakan ” baik kepada Kadis PUPR, Kadis Perkim, Kadis Lingkungan Hidup, Camat Panyabungan dan kepada Satpol PP agar ” Persoalan ” Penataan Kota Panyanungan ada Solusi yang tepat biar ada “PERUBAHAN ” dari keadaan selama 20 tahun belakangan ini ( Bersambung Terus)

 

Admin ; Iskandar hasibuan.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.