Selamat Hari Lahir Nahdhatul Ulama ke 95 Tahun.

Sejarah Nahdhatul Ulama di Sumatera Utara tidak bisa dilepaskan dari sosok Syekh H.Musthafa Nasution , beliau adalah kakek saya dan juga Pendiri Nahdhatul Ulama di Provinsi Sumatera Utara.

Banyak hal yang dapat kita petik dari gerakan dakwah yang dilakukan syekh H. Musthafa Husein. Tahun 1933 beliau penasehat organisasi Muslimin Tapanuli, tahun 1939 beliau membentuk Al-Ittihadul Islamiah (AII) berpusat di Purba Baru anggotanya terdiri dari santri dan alumni Mushafawiyah. Organisasi AII inilah yg menjadi dasar lahirnya organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Sumatera Utara di Padangsidempuan Tahun 1947.

Pada Tahun 1955 Syekh Musthafa Husein menjadi calon Konstituante/DPR Pusat mewakili Provinsi Sumatera Utara pada pemilihan umum 1955 dari Nahdlatul Ulama (NU), Namun sebelum sempat dilantik Syekh Musthafa Husein wafat pada hari Rabu pukul 16.15 WIB Tanggal 1 Rabiul akhir 1375 H bertepatan Tanggal 16 November 1955.

Strategi sejarah dakwah yang dilakukan Syekh H. Musthafa Husein beliau mewariskan NU sebagai wadah berhimpun dalam membangun peradaban di Sumatera Utara.

Oleh karena itu kita sebagai generasi yang mewarisi NU Sumatera Utara punya tanggung jawab besar untuk berkhidmat pemikiran, tenaga, materi dalam membangun dan mengawal perjuangan NU secara berkesinambungan.

Salam takzim buat para kiyai-kiyai NU yang telah berjasa dalam membesarkan Nahdhatul Ulama. Mari kita doakan mereka semoga mereka di tempatkan di syurga bersama para sahabat nabi dan mereka diberikan syafaat oleh Nabi Muhammad SAW.

Sumber : Facebook Harun Musthafa Nasution

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.