Sempat Menganggur, 33 Warga Padang Akhirnya Bekerja Lagi

PADANG(Malintangpos Online): Covid-19 membuat sejumlah orang harus kehilangan pekerjaan. Beruntung, sebanyak 33 Kepala Keluarga (KK) di Padang kembali bekerja. Mereka bekerja dengan upah harian.

Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU) telah menyelamatkan mereka. Lewat program kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) dalam bentuk Cash For Work (CFW), 33 orang itu bisa menghidupi keluarga mereka kembali. Seluruhnya ditugaskan bergotong royong, menata, membersihkan dan memperbaiki lokasi Program “Kotaku”, di Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat.

“Program kegiatan ini sangat luar biasa dampaknya karena mampu menaikkan kembali perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” terang Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Minggu (18/4/2021).

CFW merupakan kegiatan baru dari Kementerian PU. Kegiatan ini diarahkan kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan saat pandemi. Mereka yang terdampak kemudian dipekerjakan dan dibayar upahnya per hari dengan standar regional.

“Kebetulan di lokasi program ‘Kotaku’, tempatnya tidak terawat dengan maksimal. Mereka kita arahkan bekerja di sana,” tutur Eri Sendjaya.

Sebanyak 33 orang itu membersihkan lokasi program ‘Kotaku’. Saluran air lingkungan ditata kembali. Terutama di depan Puskeskel Olo. Mereka diberi insentif atau honor, per orang per hari dan mengisi daftar hadir.

“Seluruhnya direkrut disesuaikan dengan target penataan program ‘Kotaku’. Untuk tahap awal ditargetkan dua bulan di lokasi program ‘Kotaku’ dengan harapan berhasil ditata dengan baik,” ujar camat.

Eri Sendjaya menyebut, perekrutan 33 orang tenaga itu didata oleh kelurahan dan RT setempat. Transparansi dan akuntabilitas kegiatan ini menurutnya patut ditiru. Karena mulai dari perencanaan kegiatan, penyusunan daftar dan pembayaran upah, semua dilakukan dengan melibatkan masyarakat.(Charlie Ch. Legi)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.