September 2017 Dimulai Tahapan Pilkada Palas

LogoKPU

PALAS(Malintangpos online):Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Padanglawas (Palas), rangkaian penyelenggaraannya akan dimulai sekitar September tahun ini.
Ketua Komisi Pemihan Umum Daerah (KPUD) Palas Tahapan awal dimulai dengan penyerahan Data Penduduk Pemilih Poten¬sial Pemilu (DP4) dari Pemkab Palas ke KPUD setempat. Kemudian pencocokan dan penelitian data akan dilaksnakan awal Januari tahun depan, hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas Syarifuddin Daulay kepada Media, Kamis (9/2) kemarin di kantornya.
Dan KPUD Palas akkan melakukan perekrutan adhok yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa. Rekrutan ini dilaksanakan karena jadwal kerja PPK dan PPS hanya setahun.
Syarifuddin menambahkan, kegiatan KPUD setempat terfokus untuk melakukan peningkatan partisifasi pemilih, termasuk dengan mengunjungi sekolah sekolah SMA/SMK dan MA melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula.
Katanya pada pilkada palas lalu partisifasi pemilih di Kab. Padanglawas mencapai 82 persen dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 154.445 dan suara sah sebanyak 123.840.
Sedangkan pemilihan umum, diperkirakan akan berlangsung pada bulan Juni, sementara untuk kepastian kapan hari ” H “nya belum ada keputusan hingga saat ini  karena KPU Pusat belum merilis  Peraturan KPU tentang tahapan pemilu serentak 2018, sehingga, ketentuan tahapan dan tanggal pencoblosan belum bisa dipastikan.
Menurutnya, Pilkada Serentak memiliki tahapan yang cukup panjang. Mulai dari persiapan, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), verifikasi calon, kampanye, pencoblosan, penghitungan dan penetapan.
Selain rangkaian panjang, kemungkinan akan ada perubahan pada pilkada kali ini. Undang-undang pemilu merupa¬kan yang paling dinamis, tidak tertutup kemungkinan hasil evaluasi penyelenggaraan Pilkada 2017 ini ada yang diterapkan juga pada 2018.
Sedangkan kab/kota yang akkan turut dalam pilkada serentak 2018 Sumut yakni Padanglawas (palas) Padanglawas Utara (Paluta), Deli serdang, Langkat, Batu Bara, Tapanuli Utara dan Kota Padangsidimpuan plus Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. (AK).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.