Sistem Pendidikan Dimasa Pandemi, Oleh : Asqur Kurniawan Zega

Pasti kita sudah sering mendengar yang namanya covid-19, baik di media sosial, televisi, maupun Koran.

Ini semua sudah menjadi perbincangan public selama setahun ini.

Tujuan saya membuat kutipan ini hanya mengajarkan kepada kita sistem pendidikan di masa pandemic.
Media sosial saat ini mejadi alat yang lebih efisien dan cepat untuk mencari informasi,peranan informasi amat menentukan keberhasilan hidup sehingga siapa saja yang dapat menangkap informasi lebih cepat,mereka lebih maju (Syamsuddin A.R.; Agus Mulyanto; Deden Fathuddin; Usman Supendi;, 2008).

Cukup menggunakan hp android di tambah paket internet kita sudah mengetahui informasi maupun perkembangan apa saja yang terjadi di tanah air tercinta kita ini maupun di luar negeri, khususnya yang berhubungan dengan masalah covid-19 ini.

Meskipun masih di dalam masa pandemic, kita juga harus masih melanjutkan perjuangan para pahlawan kita dengan berbagai cara kebajikan,dan cara belajar bagi para murid,di dalam masa pandemic sekalipun.

Sistem pembelajaran di masa pandemic ini pasti berbeda dengan biasanya,seperti belajar dari rumah secara online,dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah melalui media sosial, yang semuanya menganjurkan kita untuk belajar dengan tidak tatap muka secara langsung ataupun yang disebut dengan istilah daring.

Beginilah sistem pendidikan dimasa pandemic yang perlu kita ketahui.
Di samping itu supaya pembelajaran secara online ini bisa berjalan, fasilitas teknologi bagi murid juga sangat diperlukan.

Selanjutnya orangtua juga dituntut harus berpikir lebih, untuk menggunakan beberapa metode ataupun cara supaya anak dapat belajar,seperti cara membaca dengan cepat dan baik yaitu dengan memakai metode membaca dengan bersuara,membaca dengan menunjuk kata perkata (Syamsuddin A.R.; Agus Mulyanto; Deden Fathuddin; Usman Supendi;, 2008), ini dapat di terapkan kepada anak anak Sekolah Dasar (SD).

Untuk menunjang terwujudnya fasilitas yang dibutuhkan, pemerintah juga harus melayani kebutuhan semua masyarakat dari semua segi,khususnya dalam ekonomi sesuai yang tertera dalam UUD 1945 Pasal 34 ayat 2 “ Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan” (Jajang, 2011).

Semoga pandemi Covid-19 secepatnya menghilang dari bumi kita ini dan semoga masalah-masalah kehidupan yang terjadi di bangsa dan tanah air kita ini segera berlalu dan dapat kembali normal di dalam segala bidang. Mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu dan kita semua semakin ingat kepada yang menciptakan virus covid-19 ini dengan lebih sering beribadah,karna tujuan diciptakannya jin dan manusia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepadanya (Mukarom Faisal Rosidin; Hj. Siti Mahfudhoh; H. Dudung BasoriAlwi, 2014).

Penulis : Asqur Kurniawan Zega

Admin   : dita risky saputri,SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.