SMK Negeri 1 Arse Buka Peluang Bisnis lewat Produk Nugget Lele

Nugget dan Stik dari ikan lele produksi SMK Negeri 1 Kecamatan Arse Tapanuli Selatan

TAPSEL(Malintangpos Online):Peluang usaha pengembangan olahan ikan lele masih besar. Nugget salah satu bentuk olahan dari yang dapat dikembangkan. Respon konsumen terhadap nugget cukup bagus mengingat sekarang ini orang juga memperhatikan kepraktisan sebuah produk.

Nugget dapat disimpan dalam bentuk beku. Pengolahan nugget juga dapat memperpanjang daya simpan daging ikan lele. Nugget ikan lele berpotensi untuk dikembangkan. Nugget ikan lele dapat dikonsumsi baik anak-anak maupun orang dewasa.

Rasa nugget lele memang sedikit unik namun tetap lezat sebagai hidangan pelengkap. Daging ikan lele mulai dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan yang tak kalah sehat dan lezat.

Itulah yang di sampaikan Sulaiman Saleh Harahap S.Kom Kepala SMK Negeri 1 Kecamatan Arse Tapanuli Selatan kepada Malintang Pos Kamis (16/1). Seperti di ketaui bahwa SMK Negeri 1 Arse memiliki jurusan perikanan. Selain budi daya ikan, sekolah ini juga mengajarkan aneka makanan yang bersumber dari lingkungan sekolah diantaranya Nugget dan Stik dari ikan lele. “ Nuget dan Stik ini mendapat respon yang sangat bagus dan banyak peminatnya” ujar Sulaiman sembari menunjukkan Nuget dan Stik lele dalam bentuk kemasan.

Lebih jauh di katakannya bahwa produk ini sudah beberapa kali mengisi stand pameran di Tapanuli Selatan dan permintaan masyarakat cukup tinggi. Namun karena produk ini sebatas pembelajaran bagi siswa, pihaknya belum dapat berproduksi secara rutin.

“Fokus kita adalah memberi ilmu pengetahuan bagi anak didik serta merangsang mereka untuk memiliki jiwa bisnis juga menjadikan mereka tenaga siap pakai yang mandiri”.

Sulaiman juga menerangkan bahwa saat ini pihak sekolah sementara tidak berproduksi karena dalam waktu dekat mereka akan menghadapi Ujian Nasional. Konon lagi SMK Negeri 1 Arse akan ikut Ujian Nasional Basis Komputer (UNBK). “ Usai ujian nanti, kita akan berproduksi lagi dan peluang untuk kerja sama dengan pihak luar sekolah sangat terbuka. Prospek Nugget dan Stik dari ikan lele ini sangat baik” paparnya. Ia juga berharap agar masyarakat sekitar turut membumi dayakan ikan lele karena peluang usaha tersebut sangat besar untuk meningkatka kesejahteraan hidup. (ANS)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.