Soal Covid -19, Semua OPD Pemkab Madina Harus Bekerja Ekstra

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Bupati Mandailing Natal, H. Muhammad Jafar Sukhari Nasution memimpin rapat evaluasi perkembangan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  ditambah perwakilan unsur TNI dan Polri serta Ketua Pengadilan Agama Panyabungan di Aula Kantor Bupati, Selasa (24/8).

Tampak hadir dalam rapat tersebut adalah Sekretaris Daerah Kabupaten, Gozali Pulungan, Asisten I Setdakab, Alamulhaq Daulay, para Kepala OPD terkait, Direktur RSU Panyabungan diwakili Kepala Tata Usaha (KTU), Direktur RSU Husni Thamrin Natal, Perwira Penghubung, Mayor Inf. David Sidabutar dan Ketua Pengadilan Agama Panyabungan.

Mengawali rapat yang langsung dipimpin Bupati tersebut, setiap Kepala OPD yang terkait langsung dengan penanganan Covid-19 diberikan kesempatan untuk menyampaikan laporan hasil kerja yang selama ini dikerjakan.

Dari pengamatan Wartawan, OPD yang menyampaikan laporannya adalah Dinas Kesehatan  yang menguraikan data laporan perkembangan capaian vaksinasi di tingkat tenaga publik dan masyarakat.

Kemudian dilanjutkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang melaoprkan kondisi tentang posko siaga satuan tugas Covid-19.

Tak ketinggalan, Asisten I Setdakab yang juga Plt. Kepala Dinas Pendidikan Alamulhaq Daulay, yang menyampaikan laporan terkait pembelajaran tatap muka terbatas dan sudah menginstruksikan seluruh Kordinator Wilayah (Korwil) untuk menjalankan sesuai aturan dan ketentuan yang disepakati 4 menteri yaitu : Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Dari unsur TNI, Perwira Penghubung, Mayor Inf. David Sidabutar juga melaporkan kegiatan edukasi dan pelaksanaan vaksinasi yang sudah mencapai titik normal dan masyarakat sudah sadar akan pentingnya program vaksinasi tersebut.

Menanggapi semua laporan yang telah disampaikan, Bupati  menekankan kepada seluruh Kepala OPD , harus benar-benar bekerja ekstra dalam penanganan covid-19.

” Orang nomor satu” di Kabupaten Mandailing Natal tersebut menyoroti bahwa belakangan ini kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi mulai longgar.

Dalam kesempatan dialog dalam rapat tersebut, Bupati Mandailing Natal juga menginstruksikan setiap Kepala OPD untuk selalu menjadi panutan dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker serta melakukan metode edukasi atau sosialisasi protokol kesehatan yang humanis terhadap masyarakat agar keyakinan mengikuti anjuran diatas semakin tinggi.

“Saya memandang kegiatan edukasi yang dilakukan selama ini tentang protokol kesehatan terhadap masyarakat ini belum maksimal hasilnya,” ujar Bupati.

Kenapa..? karena kepatuhan masyarakat semakin rendah. Untuk itu lakukanlah sosialisasi dan edukasi masyakarat dengan metode yang humanis dan bersahabat.

Kemudian kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum harus diaktifkan kembali.

Jika terkendala dengan masalah anggaran, nanti kita anggarkan dari Biaya Tidak Terduga (BTT),” Ucap Bupati Mandailing Natal dengan tegas.

Saya juga minta setiap Kepala OPD untuk mensukseskan sekaligus mensosialisasikan program vaksinasi yang sedang gencar-gencar dilakukan Pemerintah. Ujar Bupati.

Saya juga berharap kesediaan para Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat untuk mendukung kelancaran vaksinasi di Mandailing Natal.

Tentunya ini semua berawal dari kita. Tahapan vaksinasi ini meseti harus kita dukung bersama secara serius agar pembelajaran tatap muka nanti berjalan dengan sukses,” ucap Bupati Mandailing Natal di hadapan peserta rapat.(Infokom/ Dita)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.