Soal DD Bintuas, Warga Desak Kajari Madina Periksa Kades

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sejumlah warga dan Mahasiswa, mendesak Kasi Intel Kajari Mandailing Natal, untuk segera memeriksa Kades, soal pelaksanaan Dana Desa Tahun 2023 yang lewat.

Kenapa rupanya..? Ada dugaan seluruh Program di APBDes Tahun 2023 dan lainnya anggarannya sengaja di Mark Up oleh Kades untuk mengambil keuntungan pribadinya.

” Kita mengakui Proyek di APBDes semua dilaksanakan, tetapi Anggaran yang dipergunakan jelas – jelas ” Mark Up ” sebab kualitasnya sangat tidak sesuai dengan anggaran yg dibuat,” Ujar Warga Desa Bintuas yang sengaja mendatangi Kantor Media PT.Malintang Pos Group di Jln.Bermula Kel.Panyabungan II Kecamatan Panyabungan,Selasa(18/6) sore.

Disebutkan warga, mereka telah buat laporan di Kejaksaan Negeri Mandailing Natal, waktu aksi demo beberapa waktu yang lalu.

Tapi nggak Fiktif kan..? Tanya Wartawan ” Kalau fiktip nggak, anggaran yg dicantumkan di APBDes dengan proyek yg dilaksanakan sangat tidak masuk akal sehat kita.

Yang kami ketahui dari Inspektorat, bahwa SPJ Dana Desa Tahun 2023, oleh Kades belum selesai dibuat Kades dan Pemeriksaan dari Inspektorat juga belum selesai.

” Gimana mau diperiksa Kades, SPJ Tahun 2023, juga belum selesai dibuat, wajar saja warga protes dan melaporkan Kades Bintuas ke berbagai pihak, ” ujar mereka.

Pihak Inspektorat Madina yg dihubungi Wartawan Via WhatsApp, Mengenai DD Bintuas untuk Tahun 2023, belum selesai SPJ nya.

” Harusnya mememang sudah selesai, karena sekarang sudah bulan Juni 2024 dan SPJ wajib,” ujar mereka lagi.

Sekretaris LSM.Genta Madina Chandra Siregar kepada Wartawan di Panyabungan, bahwa Kades Bintuas sudah wajar di panggil Kejaksaan, agar jelas pelaksanaan DD di Desa tersebut.

” Kades dipastikan tidak bisa mempertanggung jawabkan DD selama dia menjadi Kades, wajar Kejaksaan langsung ke Desa Bintuas melihat langsung semua Kegiatan DD di desa itu,” katanya( Red)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.