Soal PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Muarasipongi Laksanakan Penyuluhan

MUARA SIPONGI(Malintangpos Obline): Polsek Muara Sipongi Kabupaten Mandailing Natal, Pencegahan Dini terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah seperti Sapi dan Kerbau serta Kambing, membuat Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pakantan bergerak cepat melakukan Sosialisasi kepada masyarakat. Rabu, (15/06).

Bhabinkamtibmas Desa Huta Gambir Polsek Muara Sipongi Brigadir S.P Nainggolan turut mendampingi dalam pelaksanakan sosialisasi tentang kesehatan hewan ternak terutama pada kambing terkait dengan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada masyarakat yang berternak atau memelihara kambing.

Berkaitan dengan hal tersebut warga dihimbau apabila membeli atau mendatangkan hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing yang baru agar hewan ternak tersebut diisolasi terlebih dahulu selama seminggu sehingga apabila ada penyakit pada hewan tersebut tidak langsung menular ke hewan ternak yang lain.

Setelah kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemberian vitamin B-Complex oleh PPL Kecamatan Pakantan kepada hewan ternak untuk mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Bhabinkamtibmas Desa Huta Gambir Brigadir S.P Nainggolan yang ditemui disela-sela kegiatannya menyampaikan bahwa sampai saat ini diwilayah Kecamatan Pakantan khususnya di Desa huta gambir tidak ditemukan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak warga.

“Dari penyampaian tim Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan pemantauan kami secara langsung, saat ini tidak ditemukan adanya kasus PMK, dan kita berharap semoga tidak pernah ada,” ungkapnya.(Tribrata/Dita)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.