Sungai Meluap,Jembatan Penghubung Santra Produk di Sapu Bersih

Jembatan Tambangan Yang Amblas

TAMBANGAN(Malintangpos Online) Akibat hujan yang mengguyur desa Tambangan Pasoman Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal, pada minggu (26/3) malam hingga pukul 03.00 WIB (27/3). Selain menjadi anugerah dari sang pencipta ternyata membawa musibah. Tanah longsor, banjir hingga membuat Jembatan hanyut akibat amblas tergerus air.

Jembatan yang menghubungkan tempat usaha tani masyarakat desa Tambangan Pasoman sepanjang 10 meter hanyut diterjang derasnya arus sungai. Jembatan yang terbuat dari beton itu hilang disapu banjir.
“Lebar 2 meter dengan panjang 10 meter itu menjadi jalan penghubung utama kesawah dan ladang warga,” kata Abdul Aziz Kepala Desa Tambangan Pasoman. Senin (27/3/2017) siang.
“Kalau dibilang 95 persen bersawah berladang keseberang sungai. Terpaksa warga yang mau kesana hari ini harus jalan melewati arus sungai yang kedalamannya 1 meter,” ungkap Aziz.
Lanjut Abdul Aziz, Akibat dari luapan Aek Tambangan tersebut juga mengakibatkan longsornya pinggiran sungai di pemukiman warga.
“Melihat situasi dan kondisi keresahan warga yang bermukim dipinggir sungai, perlu penanganan segera perbaikan jembatan dan perlu pembuatan dek atau bronjong dipinggir sungai yang terkena longsor,” tambah Kades.
Sementara itu, pemerintahan desa Tambangan Pasoman menghimbau masyarakat agar tetap waspada dan menyarankan warga untuk mengungsi ketempat yang lebih aman.
Pantauan wartawan, Jembatan penghubung lahan pertanian warga Tambangan Pasoman yang terletak di atas sungai Aek Tambangan, menghubungkan pemukiman penduduk dengan lahan pertanian di seberang sungai. Tanpa keberadaan jembatan tersebut, maka 95 persen warga petani kesulitan dalam menggarap puluhan hektar ladang sawah di seberang sungai. Perlu solusi bijak untuk memperbaiki kerusakan akibat banjir deras kemarin. (Gus)
Admin:Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.