Tahun 2022 Pemda Madina Akan Buat Bundaran Kopi Mandailing

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Disela-sela menyaksikan grand final Lomba Kreatif Kopi Mandailing, Wakil Bupati Mandailing Natal Atika Azmi Utammi Mssution, B.App, Fin, M.Fin., menyebutkan bahwa Pemerintah akan membangun Bundaran yang bergambar biji kopi, sehingga akan mengukuhkan Kabaupaten Mandailing Natal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Pembangunan ikon baru di Kota Panyabungan berupa biji kopi tersebut disampaikan Wakil Bupati termuda se-Indonesia tersebut disela sela acara pengumumam dan sekaligus penyerahan hadiah Lomba Kreatif Kopi Mandailing dan Lomba Vlog Inovasi dan Kreatifitas Kebersihan Lingkungan di aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (25/8).

“Kita akan membangun satu Bundaran di Kota Panyabungan ini, yaitu tugu biji kopi, saat ini masih tahap penentuan lokasi, karena usia Kabupaten Mandailing Natal sudah 22 tahun, ibarat seorang gadis yang mulai tumbuh cantik dewasa, sehingga keberadaan dan kondisi kota Panyabungan sudah perlu dipoles,” ucap Wakil Bupati Mandailing Natal yang disambut riuhan tepuk tangan hadirin yang ada di acara tersebut.

Selain pembangunan Bundaran Kopi yang merupakan ikon baru di Kabupaten Mandailing Natal, Wakil Bupati Mandailing Natal juga menyampaikan bahwa potensi kopi Mandailing merupakan Anugerah besar dari Allah SWT yang patut disyukuri, walaupun masih banyak hal yang harus dibenahi, mulai dari mesin pasca panen dan juga pemasaran.

“Saya lihat beberapa kreatifitas peserta lomba yang cukup kreatif, dimana hasil produksi Kopi di daerah kita cukup menjanjikan, dan inilah saatnya kehadiran Pemerintah Daerah dalam mendukung hasil-hasil komoditi andalan yang dapat menyumbang devisa bagi Kabupaten Mandailing Natal,” ujar orang” nomor dua ” di Kabupaten Mandailing Natal tersebut.

“Ini adalah tekad kami untuk menghidupkan kembali kejayaan Kopi Mandailing dan Ini perlu proteksi dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal agar Kopi Mandailing benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan dicaplok oleh daerah bahkan negara lain.

Oleh karena itu , Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal akan menjalin mitra dengan pegiat kopi dalam penamaan dan pembuatan hak paten Kopi Mandailing, seyogianya trendmarknya itu kopi Mandailing hanya berasal dari Mandailing,” ujar Wakil Bupati Mandailing Natal di sela-sela acara grand final Lomba Kreatif Kopi Mandailing.

Dalam acara Lomba Kreatif Kopi Mandailing dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-76 tingkat Kabupaten Mandailing Natal, yang menjadi juaranya adalah : Amar Nasution (Juara I), Ahmad Yogi Batubara (Juara II), Yusnan Daulay (Juara III), M. Ibrahim (Juara Harapan I), Ahmad Bakri Pulungan (Juara Harapan II) dan Sefrio Kurniawan (Juara Harapan III).

Adapun hadiah yang diberikan kepada pemenang Lomba Kreatif Kopi Mandailing adalah Juara I berupa Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara II berupa Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara III berupa Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara Harapan I berupa Uang Tunai Rp 700.000,- + Piagam, Juara Harapan II berupa Uang Tunai Rp 500.000,- + Piagam dan Juara Harapan III berupa Uang Tunai Rp 300.000,- + Piagam.

Masih dalam acara yang sama, terlihat Wakil Bupati Mandailing Natal juga menyerahkan Hadiah kepada para Pemenang Lomba Vlog Inovasi dan Kreatifitas Kebersihan Lingkungan, dimana yang menjadi juara-juaranya adalah : Nurul Ilmi (Juara I), Listi Samitri (Juara II), Siti Hajar (Juara III), Selly Elina (Juara Harapan I), Dedi Syukur (Juara Harapan II), dan Romi Disman (Juara Harapan III).

Adapun hadiah yang diberikan kepada pemenang Lomba Vlog Inovasi dan Kreatifitas Kebersihan Lingkungan adalah Juara I berupa Uang Tunai Rp 2.500.000,- + Trophy + Piagam, Juara II berupa Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara III berupa Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Trophy + Piagam, Juara Harapan I berupa Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam, Juara Harapan II berupa Uang Tunai Rp 750.000,- + Piagam dan Juara Harapan III berupa Uang Tunai Rp 500.000,- + Piagam.(Infokom/Dita)

 

Admin : Dita Risky Saputri,SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.